Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala BNPT: Ada 34 WNI Teridentifikasi Pengikut ISIS

"Dari data BNPT kita pastikan 34 orang bergabung ke sana (ISIS). Identitas mereka ada dan mereka adalah teroris yang pernah ditangkap dan ditahan,"

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Y Gustaman
zoom-in Kepala BNPT: Ada 34 WNI Teridentifikasi Pengikut ISIS
Tribunnews/Herudin
Aktivis Aliansi Nasionalis berunjuk rasa di sekitar bundaran HI, Jakarta Pusat untuk menolak masuknya organisasi dan paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Islamic State di Indonesia, Minggu (24/8/2014). Pengunjuk rasa mengingatkan kepada masyarakat tentang bahayanya ISIS terhadap keberagaman kehidupan masyarakat Indonesia. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Ansyad Mbaai mengungkapkan sebanyak 34 Warga Negara Indonesia (WNI) teridentifikasi sebagai pengikut Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. Mereka wajah lama pelaku terorisme.

"Dari data BNPT kita pastikan 34 orang bergabung ke sana (ISIS). Identitas mereka ada dan mereka adalah teroris yang pernah ditangkap dan ditahan," kata Ansyad dalam dalam diskusi 'Indonesia Merespon Ancaman ISIS' di Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

BNPT juga telah mendeteksi sejumlah jalur yang kerap digunakan WNI untuk bergabung ISIS menuju Irak dan Suriah. Para pengikut ISIS itu menjalani pelatihan dan pendidikan khusus menjadi tentara perang. "Untuk sampai ke Irak atau Suriah, pengikut ISIS lewat Turki atau Doha di Qatar," ucapnya.

Masih kata Ansyad, Pemerintah Indonesia sudah secara tegas menyatakan ISIS sebagai organisasi terlarang. Semua ulama dari organisasi kemasyarakatan berbasis Islam pun menolak kelompok radikal tersebut.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas