Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Irjen Kemendikbud Geram Rektorat Unas Bekukan UKM

"Kalau ada tikus di dalam rumah, jangan rumahnya yang dibakar atau dirubuhkan. Justru harus dicari tikusnya," kata Haryono.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Y Gustaman
zoom-in Irjen Kemendikbud Geram Rektorat Unas Bekukan UKM
TRIBUNNEWS.COM/Yogi Gustaman/TRIBUNNEWS.COM/Yogi Gustaman
Mantan Pimpinan KPK Haryono Umar sedang memperhatikan Buah Nangka mini yang sedang tumbuh didepan rumahnya, di kawasan Perumahan Ciputat baru, Tangerang Selatan. Minggu (18/12/2011) Haryono mengungkapkan ditengah kesibukannya dia selalu menuangkan waktu untuk berkebun, khususnya memelihara pohon buah. (TRIBUNNEWS.COM/Yogi Gustaman) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar geram mendengar pembekuan Senat dan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Nasional. Pembekuan satu semester terhadap lembaga mahasiswa adalah langkah keliru yang diambil pihak rektorat.

"Kalau ada tikus di dalam rumah, jangan rumahnya yang dibakar atau dirubuhkan. Justru harus dicari tikusnya," kata Haryono kepada wartawan menanggapi pembekuan senat dan UKM Unas saat mengunjungi kantor KPK, Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Haryono mengusulkan rektorat bisa menemukan cara terbaik mengatasi peredaran narkotika di kampus tersebut. Jangan justru membekukan kegiatan UKM sebagai medium penyaluran aspirasi dan kegiatan mahasiswa selama di Kampus.

"Jangan sampai mahasiswa tak tersalurkan kegiatannya dan justru mencari tempat-tempat yang aneh di luar kampusnya," sambung Haryono yang pernah menjabat pimpinan KPK periode sebelumnya ini.

Ia juga menyesalkan adanya pemberlakuan jam malam di Universitas Nasional. Pasalnya bila para dosen sudah intens melakukan pembinaan mental dan sikap terhadap mahasiswa, menurut Haryono, tak mungkin mahasiswa melakukan hal negatif di kampusnya sendiri.

"Bukan salah mahasiswa, justru pendidiknya. Jangan sampai para dosen di kampus cuma memberikan pelajaran materi kuliah. Tapi harus juga menjadi contoh dan meluangkan waktu berdialog menyoal agama, etika serta kegiatan positif kepada mahasiswa," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Sampai berita ini diturunkan, Tribun belum mendapat konfirmasi dari pihak Universitas Nasional.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas