Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kelanjutan Pembentukan Pansus Tergantung Pimpinan DPR

Agun menuturkan, Ketua KPU Husni Kamil Manik tidak keberatan akan rekomendasi pembentukan pansus pemilu tersebut.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kelanjutan Pembentukan Pansus Tergantung Pimpinan DPR
TRIBUN/DANY PERMANA
Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar (tengah) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, hasil rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan dilaporkan ke pimpinan DPR. Hasil RDP tersebut antara lain merekomendasikan dibentuknya Pansus Pemilu 2014.

"Besok saya kirim ke Ketua Dewan hasil rapat. Itu kelanjutannya Pansus tergantung pimpinan DPR," kata Agun di gedung DPR, Jakarta, Senin (1/9/2014).

Agun menuturkan, Ketua KPU Husni Kamil Manik tidak keberatan akan rekomendasi pembentukan pansus pemilu tersebut. Menurutnya, Ketua KPU juga turut menghormati rekomendasi oleh Komisi II.




"KPU dan Bawaslu akui adanya kekurangan. Mereka sportif akui kekurangan," tuturnya.

Seperti diketahui, Komisi II menyatakan merekomendasikan agar panitia khusus pemilihan umum (Pansus Pemilu) dibentuk. Hal itu ia katakan sebelum mengetuk palu menutup rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPU dan Bawaslu.

"Komisi II merekomendasikan pembentukan Pansus Pemilu 2014. Itu untuk melakukan penyelidikan yang terkait dengan data-data pemilih," kata Agun di gedung DPR, Jakarta, Senin (1/9/2014).

Agun menuturkan, Komisi II telah menerima penjelasan dari KPU dan Bawaslu dalam rapat dengar pendapat yang telah dilaksanakan. Namun menurutnya, penjelasan KPU dan Bawaslu masih ada catatan dan kekurangan.

BERITA TERKAIT

"Komisi II berharap agar kekurangan itu menjadi referensi perbaikan dalam pelaksanaan Pemilu mendatang," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas