Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Achsanul: Pakta Integritas Partai Demokrat Masih Efektif

Meskipun terdapat sejumlah kader yang terjerat kasus korupsi

Penulis: Ferdinand Waskita
zoom-in Achsanul: Pakta Integritas Partai Demokrat Masih Efektif
Achsanul Qosasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat menilai pakta integritas yang dikeluarkan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap efektif. Meskipun terdapat sejumlah kader yang terjerat kasus korupsi.

"Terkena pas pakta integritas belum diteken," kata Ketua DPP Demokrat Achsanul Qosasih di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Ia mengatakan Pakta Integritas Demokrat dilakukan pada tahun 2013. Sementara kasus Jero terjadi di Kementerian ESDM mulai tahun 2012-2014. "Kita juga enggak tahu, yang pasti kita sedih, Demokrat terkena tujuh kadernya," imbuhnya.




Achsanul yakin Demokrat juga akan langsung mengganti Jero sebagai anggota DPR terpilih periode 2009-2014. "Tergantung partai, tapi partai akan mengganti suara kedua terbanyak," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka. Penetapan itu dilakukan penyidik setelah melakukan gelar perkara bersama pimpinan KPK, Minggu lalu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua KPK, Zulkarnain di kantor KPK, Jakarta, Rabu (3/9/2014) siang. Penetapan sendiri baru diumumkan hari ini.

"Pertama, pasca menjadi menteri di Kementerian ESDM, diperlukan dana untuk operasional menteri yang lebih besar. Untuk mendapatkan dana lebih besar daripada dianggarkan, dimintalah beberapa hal di orang kementerian itu, agar dana operasional itu bisa jauh lebih besar," kata Zulkarnain.

BERITA TERKAIT

Modusnya, lanjut Zulkarnain, di antaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan rapat fiktif. "Misalnya juga pengumpulan dari dana-dana rekanan," kata Zulkarnain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas