Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elite Demokrat Sarankan Jokowi Pakai Mobil Dinas Esemka

Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua melihat saat ini merupakan era pencitraan.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Elite Demokrat Sarankan Jokowi Pakai Mobil Dinas Esemka
Jokowi saat masih menjabat wali kota Solo berdiri di samping mobil Esemka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat ikut bersuara mengenai mobil Mercedez-Benz untuk menteri dalam jajaran kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua melihat saat ini merupakan era pencitraan.

"Saya kira ini era pencitraan, kalau ingin pencitraan yang nyata dong, kalau urusan mobil itu hanya berapa menteri, apakah artinya pencitraan," kata Max ketika dikonfirmasi, Rabu (10/9/2014).

Max menyarankan Jokowi lebih baik menggunakan mobil Esemka yang diproduksi di Solo. "Kalau mau, Jokowi pakai Esemka saja, secara nasional," tutur Max.

Anggota Komisi I DPR itu melihat pengadaan mobil tidak menjadi pertimbangan dalam penyelamatan uang negara. Ia pun menyindir kubu Jokowi-JK yang sempat mewacanakan penjualan pesawat kepresidenan.

"Kalau hanya mercy dan mobil lama, bukan substansi yang dipertimbangakn sebagai penyelematan uang negara. Kemarin mau jual pesawat, sekarang enggak pakai mobil baru," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Padahal, kata Max, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyiapkan mobil untuk pemerint kedepan.

"Sesuai peraturan Pak SBY menyiapkan mobil-mobil untuk pemerintah kedepan itu suatu keharusan,sekarang lebih membanggakan," imbuhnya.

Berdasarkan pengumuman pemenang lelang bernomor Peng-03/PPBJ-PKMPSM/08/2014 yang diterbitkan laman setneg.go.id, pemenang lelang pengadaan itu adalah PT Marcedes-Benz Indonesia.

Dalam pengumunan itu disebutkan, pagu anggaran untuk pengadaan mobil tersebut sebesar Rp 104,4 miliar dengan harga perkiraan sendiri sebesar Rp 101,1 miliar. Mobil-mobil mewah itu nantinya diperuntukkan bagi para menteri/pejabat setingkat menteri dan kendaraan untuk SBY dan Boediono sebagai mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Sedangkan kendaraan untuk Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden tidak masuk dalam lelang ini. Sebab, keduanya sudah secara khusus disediakan mobil kepresidenan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas