Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setneg Batalkan Pengadaan Mobil Mercy untuk Menteri Jokowi-JK

Setneg emahami dengan seksama dinamika yang berkembang diranah publik, ihwal pengadaan kendaraan dinas bagi para menteri/pejabat setingkat menteri itu

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Setneg Batalkan Pengadaan Mobil Mercy untuk Menteri Jokowi-JK
tribunnews.com/ismanto
Mensesneg Sudi Silalahi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretariat Negara (Setneg) memutuskan bahwa pengadaan kendaraan dinas menteri/pejabat setingkat menteri tersebut tidak dilanjutkan. Demikian keterangan pers seperti dilansir laman Setneg.go.id, Rabu (10/9/2014).

"Pemilihan kendaraan dinas bagi para menteri/pejabat setingkat menteri utamanya terkait dengan jenis, harga dan spesifikasinya, diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintahan mendatang," demikian keterangan tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pengadaan kendaraan dinas bagi para menteri dan para pejabat setingkat menteri pada pemerintahan mendatang, sesungguhnya adalah bagian dari pelaksanaan tugas yang harus diselesaikan.

Namun, Kementerian Sekretariat Negara juga memahami dengan seksama dinamika yang berkembang di ranah publik, ihwal pengadaan kendaraan dinas bagi para menteri/pejabat setingkat menteri itu.

Kementerian Sekretariat Negara menegaskan bahwa proses lelang terbuka, transparan, akuntabel dan sesuai peraturan perundangan, antara lain memanfaatkan sistem e-procurement itu telah selesai dilaksanakan. Namun sampai saat ini belum ada anggaran negara yang dikeluarkan untuk pengadaan kendaraan dinas bagi para menteri/pejabat setingkat menteri tersebut.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi mengungkapkan alasan memilih mobil bermerk Mercedes-Benz sebagai pemenang lelang sebagai mobil dinas Kabinet Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Sudi tegaskan, alasan menetapkan pemenang tender pengadaan mobil tersebut adalah PT Mercedes-Benz Indonesia dengan nama Presiden Direkturnya Dr Claus Herbert Weidner, tak lain Karena Ada garansi perawatan dan harganya lebih Murah.

BERITA REKOMENDASI

"Secara teknis, secara eksak saya tidak hapal tapi yang jelas jauh lebih murah," jelas Sudi usai peresmian Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Lebih lanjut Dia juga mengungkapkan Pertimbangan yang mendasari menetapkan Mercedes-Benz sebagai pemenang tender.

"Pertama, dia produk Dalam negeri. Kedua, mendapat free maintanance selama 5 Tahun. Ketiga, harganya jauh lebih murah," tuturnya.

Namun, Sudi mengaku masih belum bisa memastikan berada banyak jumlah dan jenis Mobil Mercedes-Benz yang akan dipakai para anggota Kabinet Jokowi nantinya.

"Tipenya SAYA enggak hapal. Tapi yang jelas itu yang termurah. Kalau enggak salah mercy harganya itu jauh di bawah. Sekali lagi itu produk dalam negeri. Jadi itulah yang membuat Mereka menang tender. Dan kualitasnya juga. Jaminan pemeliharaan," tandasnya.

Berdasarkan pengumuman pemenang lelang bernomor Peng-03/PPBJ-PKMPSM/08/2014 yang diterbitkan laman setneg.go.id, pemenang lelang pengadaan itu adalah PT Marcedes-Benz Indonesia.

Dalam pengumunan itu disebutkan, pagu anggaran untuk pengadaan mobil tersebut sebesar Rp 104,4 miliar dengan harga perkiraan sendiri sebesar Rp 101,1 miliar. Mobil-mobil mewah itu nantinya diperuntukkan bagi para menteri/pejabat setingkat menteri dan kendaraan untuk SBY dan Boediono sebagai mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Sedangkan kendaraan untuk Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden tidak masuk dalam lelang ini. Sebab, keduanya sudah secara khusus disediakan mobil kepresidenan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas