Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tolak RUU Advokat, Ribuan Advokat Mengepung Bundaran HI

Ribuan Advokat dari berbagai organisasi melakukan unjuk rasa untuk menolak Rancangan Undang-undang Advokat di Bundaran Hotel Indonesia

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Tolak RUU Advokat,  Ribuan Advokat Mengepung Bundaran HI
Tribunnews.com/Achmad Rafiq
Suasana Unjuk rasa tolak RUU Advokat di bundaran hotel indonesia, Jakarta, Kamis (11/9/2014). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Achmad Rafiq

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ribuan Advokat dari berbagai organisasi melakukan unjuk rasa untuk menolak Rancangan Undang-undang Advokat di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Pantauan Tribunnews.com, ratusan advokat itu telah mengepung bundaran HI, dengan pakaian Hitam-hitam khas Advokat. Mereka terus berorasi menokak RUU Advokat yang dinilai ada intervensi dari pemerintah.

"RUU Advokat yang saat ini akan disahkan DPR, ada intervensi pemerintah dan kepentingan politik. Undang-undang itu dapat mengekang independensi advokat," tegas perwakilan Perhimbunan Advokat Indonesia (Peradi) Bandung, Nicholas saat ditemui di Bundaran HI, Kamis (11/9/2014).

Menurutnya, UU itu harus dibatalkan DPR karena dapat melahirkan preman dan mafia kasus. Sehingga hak advokat tidak diatur dan bergantung pada negara.

Berbagai spanduk, bendera organisasi Advokat, dan poster-poster penolakan RUU Advokat, meramaikan aksi unjuk rasa tersebut.

Organisasi advokat ini terdiri dari Asosiasi Pengacara Syariah, Serikat Pengacara Indonesia, Ikadin, HAPI, AAI, Koalisi LSM, dan organisasi advokat lainnya.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas