Tribun

Duet Jokowi JK

Pengamat Sarankan Menkominfo dari Kalangan Jurnalis

Presiden terpilih Joko Widodo belum mengumkan nama- nama Menteri yang akan duduk dalam kabinet.

Editor: Rendy Sadikin
Pengamat Sarankan Menkominfo dari Kalangan Jurnalis
Tribunnews/Dany Permana
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla memberikan keterangan pada wartawan terkait struktur dan porsi kabinetnya mendatang, di Rumah Transisi Jokowi-JK, di Jakarta Pusat, Senin (15/9/2014). Rencananya struktur kabinet Jokowi-JK akan diisi 34 kementerian dengan porsi menterinya 18 orang dari kalangan profesional dan 16 orang lainnya kalangan profesional dari partai politik. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Boni Hargens mendorong agar posisi Menteri Komunikasi dan Informatika diisi oleh orang yang memiliki latarbelang sebagai jurnalis.

Boni mengaku tidak memiliki pilihan untuk mengusulkan nama-nama bakal calon Menteri, akan tetapi jika dia berada dalam posisi sebagai Jokowi maka pilihan itu akan menjadi prioritas.

"Dari awal saya sudah bilang pak Jokowi bahwa kita tidak akan campur soal nama, akan tetapi kalau posisi saya sebagai pak Jokowi tentu saya akan mengambil orang yg sudah terbukti melakukan perubahan di institusinya untuk memegang Kominfo ini," kata Boni di Jakarta beberapa waktu lalu.

Presiden terpilih Joko Widodo belum mengumkan nama- nama Menteri yang akan duduk dalam kabinet. Namun sudah muncul beberapa nama potensial berdasarkan hasil penelusuran lembaga survey.

Untuk jabatan Menkominfo yaitu Narliswandi, Agung Adiprasetyo, Dyah Kartika Rini Djoemadi, Suryopratomo, dan Syaiful Hadi serta Niken Widhiastuti.

Nama terakhir merupakan Direktur Utama LPP RRI sekaligus Presiden Asia Pacific Institute For Broadcasting Development (AIBD). Boni menilai sosok Niken tidak diragukan lagi. Memiliki gagasan, terobosan yang bagus, latarnya belakang Jurnalis, dan berintegritas maka Niken dianggap sangat layak menggantikan Tifatul Sembiring.

"Maka ibu Niken misalnya saya akan angkat jadi Menteri kalau saya adalah pa Jokowi," katanya.

Menurut Pendiri Indonesian Research & Survey (IReS) Usamah Hisyam sangat terbuka nama Niken dimasukan dalam kabinet Jokowi-JK sepanjang yang bersangkutan benar-benar mau melaksanakan visi misi dan program kerja yang telah dicanangkan oleh Jokowi serta mempunyai kapasitas pada bidang departemental.

"Ibu Niken sepengetahuan saya beliau adalah seorang idealis, dia juga berada dalam 1 ranah perjuangan dengan pa Jokowi dalam membangun jati diri dan karakter bangsa serta punya latar belakang perguruan tinggi yang sama, beliau adalah salah satu tokoh muda perempuan di Indonesia. Dengan jabatan Dirut RRI ini yang memang pantas juga untuk di pertimbangkan," tutur Usamah.

Usamah menambahkan tidak tertutup kemungkinan nama Niken diusulkan walaupun tidak terlalu populer oleh lembaga survey.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas