Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Calon Hakim Agung

Rapat Paripurna DPR Sahkan Empat Hakim Agung

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan empat hakim agung yang akan bertugas di Mahkamah Agung.

Rapat Paripurna DPR Sahkan Empat Hakim Agung
Warta Kota/henry lopulalan
Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan empat hakim agung yang akan bertugas di Mahkamah Agung. Empat hakim agung itu disahkan melalui rapat paripurna yang dipimpin Priyo Budi Santoso pada Selasa 23 September 2014.

Ketua Komisi III DPR Pieter C Zulkifli mengatakan proses uji kelayakan terhadap calon hakim agung merupakan rangkaian dalam memberikan persetujuan sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 dan Putusan Mahkamah Konstitusi.

"Oleh karena itu DPR RI jugat turut melakukan uji kelayakan sebagai bagian dari prinsip akuntabilitas dan transparansi antar lembaga negara," kata Pieter.

Politisi Demokrat itu mengatakan pihaknya menyadari untuk menjadi hakim agung harus memenuhi syarat sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Syarat hakim agung itu antara lain memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela, adil, profesional dan berpengalaman di bidang hukum serta memiliki kecakapan dan kemapuan penguasaan materi hukum.

"Perlu kami sampaikan bahwa Komisi III DPR RI telah melakukan tugas dan fungsinya dengan berlandaskan pada pertimbangan yang objektif demi untuk mendapatkan hakim agung yang terbaik yang akan menjadi penjaga kepastian dan keadilan hukum," katanya.

Usai Pieter membacakan pidatonya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso lalu meminta persetujuan rapat paripurna. "Apakah calon hakim agung ini disetujui?" ujar Priyo.

"Setuju," ujar anggota DPR.

Diketahui, empat calon hakim agung yang disahkan yakni itu antara lain Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Amran Suaidi (kamar agama), Dirjen Badilag Mahkamah Agung, Purwosusilo (kamar agama) dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak, Sudrajad Dimyati (kamar perdata).

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas