Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lima S ala Oesman Sapta Odang

Nama Oesman Sapta sudah tak asing lagi dalam dunia politik.

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Lima S ala Oesman Sapta Odang
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Oesman Sapta Odang (kanan) bersama Presiden terpilih Joko Widodo (dua kanan) di acara hari jadi HKTI ke 41 di Jakarta Selatan, Senin (16/6/2014) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Nama Oesman Sapta Odang sudah tak asing lagi dalam dunia politik. Politisi yang juga dikenal sebagai pengusaha ini tak lain adalah pemilik konglomerasi OSO Group yang bergerak di bidang percetakan, pertambangan, air mineral, properti, perkebunan, perikanan, transportasi, komunikasi, dan perhotelan. 

Namanya, kini kerap disebut-sebut jelang pemilihan pimpinan MPR. Oesman Sapta terpilih sebagai anggota DPD dan menjadi kandidat terkuat sebagai calon ketua MPR.

Dalam situs wikipedia.org dijelaskan,Oesman Sapta lahir di Sukadana, Kalimantan Barat pada  18 Agustus 1950. Selama karirnya di politik, Oesman tercatat sebagai pendiri Partai Persatuan Daerah (PPD). Menjadi Ketua Umum PPD sejak tahun 2002 hingga 2004.  

Pernah menjabat sebagai wakil ketua MPR RI periode 1999-2004.  Selain itu, Oesman Sapta juga masih tercatat sebagai Ketua Umum Asosiasi Koperasi Kelapa Indonesia sejak 2002 hingga sekarang, Ketua Umum Pengurus Pusat KKI (2002-2011).

Menjabat sebagai Ketua Kadin Daerah Provinsi Kalimantan Barat sejak tahun 998-2004), Komisaris Lion Air dan jabatannya yang lain, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) (2010-Sekarang).

Dalam paparannya begitu menang voting dalam pemilihan calon pimpinan MPR melalui internal DPD,  Oesman berjanji akan mencairkan ketegangan politik secara nasional maupun di parlemen.  "Visi dan misi saya tidak jauh dari apa yang saya sebut 5S, yakni strategi, struktur, skill, sistem dan speed," kata Oesman.

Oesman mendapatkan 67 suara dari 122 surat suara dan anggota DPD yang hadir. Jumlah tersebut mengungguli delapan calon pimpinan MPR dari DPD.

BERITA TERKAIT

"Saya siap di MPR tapi harus ada tahapannya. Visinya sudah ada program dari DPD. Apa yang sudah dirancang DPD akan saya bawa untuk saya negosiasi, komunikasi, memasyarakatkan DPD," kata Oesman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas