Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TB Hasanuddin Soal Wacana Tambahan Komisi DPR: Semakin Sepi deh Kalau Rapat-rapat

Tubagus Hasanuddin menilai tidak perlu ada penambahan komisi. Menurutnya, 11 komisi yang ada saat ini sudah cukup efektif.

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in TB Hasanuddin Soal Wacana Tambahan Komisi DPR: Semakin Sepi deh Kalau Rapat-rapat
NET
Anggota Fraksi PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin menilai tidak perlu ada penambahan komisi. Menurutnya, 11 komisi yang ada saat ini sudah cukup efektif.

"Dalam pandangan saya tidak ada alasan yang kuat bagi DPR RI untuk menambah jumlah komisi," kata Hasanuddin melalui pernyataan tertulisnya di Jakarta, Senin (13/10/2014), seperti dikutip Antara.

Dari pengalaman di DPR periode 2009-2014, dengan jumlah 11 komisi, anggota DPR per komisi sekitar 53-55 orang. Namun, dalam setiap rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Pemerintah, anggota yang hadir rata-rata hanya belasan orang.

Dalam rapat kerja yang dinilai penting sekalipun, kata dia, anggota komisi yang hadir tidak lebih dari 25 orang.

"Bahkan dalam empat bulan terakhir, kami membuat UU cuma dikerjakan oleh lima orang per hari. Saya tidak tahu pada kemana anggota yang lain," katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI periode 2009-2014 ini menambahkan kembali, jika jumlah komisi di DPR RI ditambah, maka bukan tidak mungkin jumlah anggota yang hadir di setiap komisi makin sedikit ketika rapat.  "Wah akan semakin sepi deh kalau rapat-rapat," katanya.

Untuk meningkatkan kinerja DPR RI, ia menegaskan,  yang diperlukan adalah peningkatan disiplin anggota.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas