Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Skenario Upacara Militer Sambut Jokowi di Pintu Istana Merdeka

"Ini penyambutan Presiden baru di Istana," tandas Djoko Suyanto.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Begini Skenario Upacara Militer Sambut Jokowi di Pintu Istana Merdeka
kompas Images/ Roderick Adrian Mozez
Jusuf Kalla, Jokowi dan SBY. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto memberikan gambaran upacara penyambutan ala  militer kepada  Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta.

Penyambutan ala militer kepada Jokowi disematkan usai dilantik sebagai Presiden baru pada 20 Oktober 2014 mendatang.

Usai pelantikan di MPR, jelas Djoko, Jokowi akan masuk dari pintu gerbang depan Istana Merdeka  dan langsung disambut upacara militer.




"Pak Jokowi masuk dari gerbang, pada penghormatan pasukan. Lalu disambut Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena presidennya satu. (Jokowi) Naik ke atas Istana Merdeka terus turun masuk ke panggung," papar Menkopolhukam.

"Di panggung, pak Presiden Jokowi di kanan, pak SBY di sebelah kiri. Selanjutnya ada upacara militer untuk Presiden baru," lanjutnya.

Jadi, tegas dia, bakal ada upacara penghormatan Presiden baru oleh pasukan Polri dan tiga matra TNI, yakni TNI AD, AL, dan AU.

"Kemudian Pak Jokowi turun diiringi Pak SBY, untuk melakukan pemeriksaan pasukan. Kembali lagi ke panggung menerima penghormatan lagi. Mirip dengan penerimaan tamu negara. Hanya tidak ada penghormatan bendera, dan aubade," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Djoko menjelaskan dalam upacara penghormatan Presiden baru, tidak ada tamu undangan. Yang ada hanya empat puluh delegasi yang menemani Jokowi dan empat puluh para menteri dan kepala lembaga negara pemerintahan SBY.

"Beliau (Jokowi) akan datang dengan kurang lebih 40 orang yang menyertai beliau. Itu yang tadi sudah kita confirm akan datang," ungkap Djoko.

Begitu juga dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan disertai para menteri dan kepala lembaga yang jumlahnya sama sekitar 40 orang.

Djoko Suyanto juga mengingatkan bahwa acara yang digelar usai pelantikan Presiden baru di MPR, bukan acara setan terima jabatan Presiden dari SBY ke Jokowi.

"Ini penyambutan Presiden baru di Istana," tandasnya.

Lebih lanjut dia lanjutkan, usai acara penghormatan militer, sebagai Presiden sebelumnya, SBY akan mengajak Jokowi masuk ke kompleks istana merdeka untuk dikenalkan dengan staf rumah tangga kepresidenan.

"Selesai itu, selesai, Pak Jokowi dan ibu akan keluar dari pintu timur, gerbang keluar. Dan disitu akan ada pasukan yang berjajar untuk menghormati Pak SBY keluar kembali ke kediaman ke Cikeas," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas