Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penghina Presiden Ditangkap

Pengamat: Langkah Mundur Jika Ical Mencalonkan Kembali

rencana Aburizal Bakrie atau Ical yang kembali ingin maju sebagai calon Ketua Umum DPP Partai Golkar (PG), adalah langkah mundur

Pengamat: Langkah Mundur Jika Ical Mencalonkan Kembali
ISTIMEWA
Muradi, Pengajar Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Padjajaran Bandung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muradi, Pengajar Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Padjajaran  mengungkapkan, rencana Aburizal Bakrie atau Ical yang kembali ingin maju sebagai calon Ketua Umum DPP Partai Golkar (PG), adalah langkah mundur partai tersebut dalam pentas politik nasional.

"Selama kepemimpinan Ical, PG kerap kali tersandera oleh manuver kepentingan dan problem personal Ical sendiri. Salah satu yang kemudian diingat publik adalah kasus lumpur lapindo yang hingga saat ini masih menyandera Ical dan PG untuk melakukan manuver politiknya," ujarnya Selasa (11/11/2014).

Dikatakan, hal tersebut nampak manakala ical dan PG, gamang saat melakukan lobi-lobi politik jelang Pilpres. Dan kemudian tidak memiliki akses politik sebagai partai pemenang kedua Pileg.

"Langkah baik bagi PG adalah memberikan kesempatan pada kader lain. Terutama yang muda, agar lebih memiliki keluasaan dalam melakukan manuver politik karena tidak tersandera oleh masa lalu maupun hutang politik," Muradi menyarankan.  

Ini penting, katanya lagi  untuk dilakukan oleh PG, agar mampu melakukan transformasi politik menjadi partai yang lebih bisa menjalankan fungsianya secara optimal.

Selain itu, lanjutnya lagi, harus digarisbawahi bahwa selama kepemimpinan Ical, kader-kader  muda potensial tidak berkembang dan cenderung tidak terakomidasi dengan baik.

"Indikasinya, nampak terlihat saat sejumlah kader muda memilih mendukung pasangan JKW-JK dari pada pasangan yang diusung oleh PG saat itu," Muradi mengingatkan.

Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas