Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Granat Minta Profesor Unhas yang Pakai Narkoba Dihukum Berat

"Dia mungkin awalnya iseng, saya yakin pasti bukan pertama. Artinya harus dikenakan sanski pemidanaan berat," tegas Henry.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Granat Minta Profesor Unhas yang Pakai Narkoba Dihukum Berat
Tribun Timur/Sanovra Jr
Guru Besar Ilmu Hukum Perdata Universitas Hasanuddin (Unhas) yang juga Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof DR Musakkir SH MH menjalani pemeriksaan di Satuan Narkoba Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (14/11/2014) siang. Musakkir tertangkap sedang menggunakan sabu bersama rekannya, Ismail Alrip yang berstatus dosen Fakultas Hukum dan Ketua LBH Unhas, serta dua mahasiswi sekolah tinggi ekonomi swasta, di sebuah hotel di Makassar pada Jumat dini hari. Dari tempat kejadian, polisi menyita sabu dan bong atau alat hisap. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Henry Yosodiningrat mengaku prihatin dengan wakil rektor yang juga guru besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Musakkir SH MH, yang ditangkap polisi sedang mengonsumsi narkoba jenis sabu di sebuah hotel di Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin.

Menurut Henry, hal ini seharusnya membuat seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk merapatkan barisan memerangi kejahatan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba dimana-mana dan mudah didapat, disebarluaskan, jadi soal kenapa sih segitu parahnya seorang guru besar pakai narkoba. Jawabanya karena kita semua, gagal dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika," kata Henry saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (16/11/2014).

Kata Henry, sebagai seorang yang berpendidikan tinggi tampaknya Musakkir pasti paham betul soal dampak bahaya dan ancaman pidana akibat mengkonsumsi narkotika.

"Dia mungkin awalnya iseng, saya yakin pasti bukan pertama. Artinya harus dikenakan sanski pemidanaan berat," tegasnya.

Lebih lanjut Henry mengaku tidak sependapat bahwa pemakai narkoba pemula wajib direhabilitasi. Seharusnya para pelaku dihukum maksimal, termasuk Prof Musakkir.

BERITA TERKAIT

"Jangan! Kecuali bisa dibuktikan dan diyakini dia sampai taraf ketergantungan. Tapi jangan keluar rekomendasi abal-abal, tipu-tipu. Saya ngga ikhlas dia ketergantungan terus dipidana. Tapi kalau dia memang tahap ketergantungan, harus dipidana dengan hukuman maksimal," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas