Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres JK: Pemerintah Siap Terima Bantuan ADB untuk Infrastruktur

"Kita lebih ingin bantuan itu bisa membantu. Jadi langsung ke PLN atau pembangunan pelabuhan," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Wapres JK: Pemerintah Siap Terima Bantuan ADB untuk Infrastruktur
Tribunnews/Herudin
Maket pembangkit listrik berbahan bakar compressed natural gas (CNG) diperlihatkan pada pameran infrastruktur berskala internasional, Indonesia Infrastructure Week 2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (5/11/2014). Pameran infrastruktur terbesar di Indonesia ini menyorot empat sektor yang paling membutuhkan perhatian penting dari pemerintah dan pemain industri, yaitu bandara dan penerbangan, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), konstruksi, serta infrastruktur. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia siap menerima bantuan Asian Development Bank, ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK. Menurutnya, bantuan ADB bisa mengurangi beban pemerintah membangun Indonesia.

"Kita lebih ingin bantuan itu bisa membantu. Jadi langsung ke PLN atau pembangunan pelabuhan," kata JK kepada wartawan di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, (1/12/2014).

JK memastikan bantuan yang diberikan ADB akan disalurkan pemerintah ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bank-bank pemerintah atau langsung untuk pembangunan proyek seperti infrastruktur jalan, pelabuhan.

Menurutnya, Indonesia saat ini sangat terdesak untuk pembangunan pembangkit listrik puluhan ribu watt. JK tak menyangkal Indonesia mengalami krisisi listrik karena di sejumlah wilayah masih ada yang belum teraliri listrik.

Ia meyakini untuk pembangunan pembangkit listrik, tak hanya ADB yang hendak memberikan bantuannya, tapi juga pihak lain seperti Jepang, dan Tiongkok.

Sebelumnya, Wakil Presiden ADB regional Asia Tenggara dan Asia Pasifik Stephen P Groff mengatakan bisa membantu pembangunan infrastruktur dan peningkatan ketahanan pangan saat mengunjungi JK.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan awal 2015 mendatang, Presiden ADB Takehiko Nakao akan datang ke Indonesia untuk membicarakan komitmen-komitmen baru dengan Pemerintah Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas