Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JK: HAM Bukan Cuma Urusan Meminta Hak tapi juga Kewajiban

Rabu ini (10/12/2014), adalah perayaan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia.

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in JK: HAM Bukan Cuma Urusan Meminta Hak tapi juga Kewajiban
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam peluncuran Buku Sisi Lain Istana 2 karya J Osdar di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (9/12/2014). Buku karya wartawan Kompas tersebut merupakan buku keduanya tentang kehidupan di Istana Negara. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Rabu (10/12/2014), adalah perayaan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil JK mengingatkan bahwa HAM bukan hanya hak pribadi yang tertera dalam konstitusi. Karena harus mempertimbangkan kewajiban juga selain hak.

Kepada wartawan di kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/12/2014), JK mengatakan bahwa orang terkadang melupakan kewajibannya, dan lebih ingin memperjuangkan haknya.

"Sering orang lupakan itu. Katakanlah memang hak kita untuk mengeluarkan pendapat, tapi mengeluarkan pendapat itu tidak boleh melanggar hukum," katanya.

Selain itu banyak juga aksi-aksi pemblokiran jalan untuk menyatakan pendapatnya, namun hal itu merugikan orang lain yang juga punya hak yang sama menggunakan jalan tersebut.

"Jadi HAM itu jangan hanya hak, tapi kewajiban juga," tandasnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas