Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Machfud Suroso Gunakan Uang Korupsi untuk Plesiran ke Eropa

Disebutkan dalam dakwaan bahwa Machfud menghabiskan dana Rp 750 juta untuk biaya wisata ke Eropa

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Machfud Suroso Gunakan Uang Korupsi untuk Plesiran ke Eropa
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Machfud Suroso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam dakwaan terdakwa korupsi kasus Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) di Desa Hambalang, Jawa Barat, Machfud Suroso diketahui menikmati 'uang haram' untuk plesiran ke Eropa. Hal itu terungkap saat sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan.

Disebutkan dalam dakwaan bahwa Machfud menghabiskan dana Rp 750 juta untuk biaya wisata ke Eropa bersama Teuku Bagus Mokhamad Noor, Mohamad Arifin, masrokhan, Aman Santosa dan berikut keluarga Direktur Utama PT Dutasari Citralaras tersebut.

"Biaya wisata ke Eropa sebesar Rp 750.300.000," kata Jaksa Fitroh Rohcayanto saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Dalam dakwaan, Machfud juga dianggap melawan hukum. Machfud didakwa mempengaruhi kuasa pengguna anggaran, panitia pengadaan, dan pihak-pihak terkait dalam proyek Hambalang.

Perbuatan terdakwa tersebut merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 jo pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Dalam dakwaan disebutkan, terdakwa Machfud ingin agar ditunjuk sebagai sub-kontraktor oleh PT Adhi Karya dalam pekerjaan Mekaninal Elektrikal (ME). Machfud dianggap bersama-sama melakukan perbuatannya dengan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng, mantan Kepala Biro Perencanaan dan Biro Keuangan-Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar.

BERITA TERKAIT

Turut pula ikut serta mantan Manajer Divisi Konstruksi I dan Direktur Operasional PT Adhi Karya Teuku Bagus Mokhammad Noor, Direktur CV Rifa Medika sekaligus anggota tim asistensi Kemenpora di proyek Hambalang Lisa Lukitawati Isa, dan anggota tim asistensi sekaligus Direktur PT Asa Nusa Indonesia, Saul Paulus David Nelwan alias Paul Nelwan.

"Terdakwa melawan hukum. Terdakwa melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri sebesar Rp 185,5 miliar," kata Jaksa Fitroh.

Dalam surat dakwaan disebutkan, perusahaan milik Machfud yakni PT DCL mendapatkan kontrak sebesar Rp 245 miliar untuk pengerjaan ME. Namun, Machfud tidak setuju dengan angka tersebut karena beban fee untuk pejabat sebesar 18 persen ditanggung pihaknya dari nilai kontrak.

"Teuku Bagus Muhamad Noor kemudian memerintahkan agar harga ME ditambah Rp 50 miliar sehingga menjadi Rp 295 miliar belum termasuk pajak," ucap jaksa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas