Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Ajak Warga Indonesia Kerja Keras Teladani Nabi

"Beliau (Muhammad, red) pekerja keras. Kita semua mestinya mengikuti keteladanan nabi. Kita bekerja keras untuk umat dan keluarga," tutur Jokowi.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Y Gustaman
zoom-in Presiden Jokowi Ajak Warga Indonesia Kerja Keras Teladani Nabi
Tribunnews/Glery Lazuardi
Presiden Joko Widodo didampingi Habib Nabil Al Musawa dari Majelis Rasulullah SAW saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Monas, Jakarta, Sabtu (3/1/2015) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta warga Indonesia meneladani sikap dan  perilaku Nabi Muhammad. Sikap kerja keras dan tabah saat menghadapi tantangan dapat membawa kebahagiaan bagi bangsa ini.

"Beliau (Muhammad, red) pekerja keras. Kita semua mestinya mengikuti keteladanan nabi. Kita bekerja keras untuk umat dan keluarga," tutur Jokowi di acara peringatan 'Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H' di Monas, Jakarta, Sabtu (3/1/2015) pagi.

"Kalau kita mau bekerja keras, insya Allah ini menjadi negara sejahtera dan makmur. Tetapi, memang belum semua mau bekerja keras meneladani apa yang dicontohkan nabi," sambung Jokowi.

Sikap kedua yang patut dicontoh dari Nabi Muhammad adalah tabah saat menghadapi tantangan. Dia mengatakan nabi tabah dalam menghadapi cobaan dan hinaan. Nabi bahkan membalas keburukan itu dengan kebaikan dan doa.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sadar, sikap yang dilakukan nabi tidak mudah dipraktikkan di zaman sekarang saat seseorang menghadapi tantangan.

Ia mencontohkan sebuah kampung bereaksi karena dihina warga kampung lain. Naiknya emosi para warga kampung akhirnya menimbulkan tawuran antarkampung.

BERITA TERKAIT

"Ini bukan contoh yang ditunjukkan nabi. Mestinya kalau ada yang melotot sedikit didoakan supaya yang melotot jangan banyak-banyak. Ada yang lewat kemudian menghina, didoakan," ujar Jokowi.

Jokowi meyakini mempraktikkan akhlak nabi dalam hidup sehari-hari membuat hidup cinta damai dan penuh kasih. Tidak ada tawuran, berantem, apalagi perkelahian antarpemuda.

"Kita sanggup tidak seperti itu? Ada tidak di antara kita dicaci kita balas dengan kebaikan dan doa? Insya Allah kalau dilakukan dan terus-menerus dicoba, saya yakin itu bisa dilakukan. Muara dari semua ibadah adalah akhlak baik," tambah Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas