Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Dua Cara Basarnas Angkat Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Besok

Besok (9/1/2015) tim gabungan akan mengangkat bagian ekor pesawat yang jatuh di perairan Selat Karimata itu.

Penulis: Randa Rinaldi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ini Dua Cara Basarnas Angkat Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Besok
AFP/BASARNAS
Gambar handout ini dirilis oleh Basarnas yang diyakini gambar dari bagian pesawat AirAsia QZ8501, yang difoto oleh penyelam yang bekerja di Laut Jawa, Rabu (7/1/2015). Basarnas mengatakan pada tanggal 7 Januari 2015 telah menemukan ekor AirAsia QZ8501, berpotensi menandai langkah besar untuk menemukan kotak hitam pesawat dan membantu memberi petunjuk penyebab pesawat jatuh ke laut. AFP PHOTO / BASARNAS 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekor pesawat AirAsia QZ8501 telah mampu dideteksi dan dipastikan keberadaannya di dasar laut  oleh Badan SAR Nasional (Basarnas).

Rencananya Jumat besok (9/1/2015) tim gabungan akan mengangkat bagian ekor pesawat yang jatuh di perairan Selat Karimata itu.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo mengatakan, ekor pesawat AirAsia QZ 8501 akan diangkat besok hari, jika kondisi cuaca mendukung.

Basarnas pun sudah menyusun strategi pengangkatan ekor pesawat yang akan didahului oleh tim penyelam.

"Besok rencananya untuk persingkat waktu, akan kita angkat. Caranya ada dua yaitu dengan floating balloon atau dengan crane dari Kapal Crest Onix. Floating balloon ini didatangkan oleh TNI AL. Saat ini udah di Pangkalan Bun," ujar Soelistyo saat jumpa pers di Kantor Basarnas, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Adapun, strategi yang digunakan dalam pengangkatan ekor pesawat jika blackbox masih melekat yaitu menggunakan crane. Alat ini akan ditarik oleh kapal berkekuatan 70 ton.

Selain itu, strategi lain yang akan digunakan untuk pengangkatan ekor pesawat yaitu menggunakan balon.

BERITA TERKAIT

Bahkan, tim telah mengikatkan tali pada ekor pesawat jika posisinya bergeser. Tali yang diikatkan tersebut mempunyai fungsi memberikan sinyal kepada kapal-kapal yang berada di sekitar lokasi.

Soelistyo menambahkan, kapal-kapal yang tidak mempunyai alat pendeteksi objek akan digeser dari sektor prioritas kedua dan ketiga. Tujuannya, kapal-kapal ini akan difokuskan untuk mencari korban agar tim bisa menemukan kembali penumpang yang berada di laut.

Sebelumnya, Soelistyo mengatakan Kapal Baruna Jaya dan Kapal Jaladaya juga akan disiagakan di titik koordinasi. Kapal ini disiagakan untuk menunggu perkembangan arus bawah laut sebelum pengangkatan ekor pesawat dilakukan.

Penemuan ekor pesawat ini sebelumnya dipastikan oleh Kapal Geosurvey milik Asosiasi Kontraktor Indonesia. Temuan ini mampu dideteksi oleh kapal melalui alat side scan sonar pada hari kesebalas pencarian.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas