Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko Maritim Harap Ekor Pesawat AirAsia Diangkat ke Permukaan Hari Ini

Indroyono menuturkan, ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengangkat ekor pesawat tersebut.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menko Maritim Harap Ekor Pesawat AirAsia Diangkat ke Permukaan Hari Ini
TRIBUNNEWS.COM/ABDUL QODI
Kapal Basarnas, KN SAR Pacitan menemukan serpihan dinding pesawat selebar 1,5x1 meter dan life vest jacket atau jaket pelampung di Laut Jawa dekat Selat Karimata 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) dan tim gabungan berhasil menemukan ekor pesawat AirAsia QZ8501. Menteri Koordinator bidang Maritim, Indroyono Soesilo berharap hari ini Basarnas serta tim gabungan mampu mengangkat ekor pesawat yang telah hilang sejak (28/12/2013) tersebut.

"Insya Allah hari ini udah naik yah," ucap Indroyono di kantor Ombudsman, Jakarta, Jumat, (9/1/2015).

Indroyono menuturkan, ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengangkat ekor pesawat tersebut. Salah satu opsinya adalah dengan menggunakan balon gas yang akan mengangkat ekor pesawat ke permukaan.




"Jadi gini, yang sekarang itu kan pakai balon gas bisa naik. Ada balon gas yang kecil dan besar. Balon gas besar bisa angkat sampai 250 ton," tuturnya.

Menurut Indroyono, saat ini balon udara tersebut telah tiba di Pangkalan Bun dan akan dicoba menggunakan balon gas yang kecil. Dirinya pun juga berharap bahwa dengan ditemukannya bagian-bagian pesawat AirAsia QZ8501 akan memberi peluang cepat ditemukannya badan besar.

"Saya kira ditemukannya dua bodi indikasi yang besar (ditemukan badan pesawat). Dari kapal Baruna Jaya menemukan itu, nanti kita tunggu. (Untuk memastikan) yang besar akan dikirim ROV dan nanti dikirim penyelam," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas