Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gulat Manurung Dituntut 4 Tahun 6 Bulan Penjara

Menurut JPU, Gulat tidak jujur mengakui perbuatannya dan memberikan contoh tidak baik ke masyarakat atas perbuatannya.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Gulat Manurung Dituntut 4 Tahun 6 Bulan Penjara
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Tersangka Gulat Manurung didampingi penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masuk ke dalam Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Pekanbaru untuk menjalani rekonstruksi terkait kasus suap alih fungsi lahan, Selasa (25/11/2014). Selain di kantor tersebut, tim dari KPK juga melaksanakan rekonstruksi di rumah dinas Gubernur Riau dan Kantor Gubernur Riau. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia-Riau, Gulat Medali Emas Manurung dengan hukuman penjara selama 4 tahun 6 bulan penjara. Gulat terbukti bersalah telah melakukan korupsi.

"Menuntut, supaya majelis hakim menjatuhkan putusan kepada terdakwa Gulat Medali Emas Manurung dengan pidana penjara selama 4 tahun 6 bulan," kata JPU pada KPK, Kresno Anto Wibowo di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Jaksa Kresno menuturkan, pertimbangan tuntutan 4 tahun dan 6 bulan penjara itu karena terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat-giatnya dilakukan.




Menurut JPU, Gulat tidak jujur mengakui perbuatannya dan memberikan contoh tidak baik ke masyarakat atas perbuatannya. "Sedangkan yang meringankan terdakwa Gulat berlaku sopan di pengadilan dan sebelumnya belum pernah dihukum," tutur JPU.

JPU membeberkan, fakta-fakta hukum di persidangan mengungkapkan bahwa terdakwa Gulat sangat berkepentingan dengan revisi areal kebun kelapa sawit yang dikelola terdakwa dan teman-temannya yakni revisi surat Keputusan Menhut SK 673/Menhut-II/2014 tanggal 9 Agustus 2014 tentang Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan Menjadi Bukan Kawasan Hutan.

Menurut JPU, perbuatan tindak pidana korupsi terdakwa Gulat terbukti dengan menyiapkan uang sebesar 166.100 dolar AS atau setara Rp2 miliar untuk memuluskan langkahnya merevisi areal lahan kelapa sawit.

Uang itu rencananya diberikan kepada Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun sebagai pelicin. "Terdakwa juga dihukum denda Rp150 juta subside 6 bulan kurungan," tandas JPU.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas