Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Retno Pastikan Tak Ada Pemanggilan Terhadap Dubes Indonesia di Australia

"Saya berkomunikasi dengan Pak Dubes, sampai saat ini tidak ada panggilan dari Kementerian Luar Negeri Australia," kata Retno.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Y Gustaman
zoom-in Menlu Retno Pastikan Tak Ada Pemanggilan Terhadap Dubes Indonesia di Australia
TRIBUNNEWS/HO
Andrew Chan (tiga kanan) anggota Bali Nine terpidana mati asal Australia di dalam pesawat saat akan dipindahkan ke lapas di Nusakambangan, Rabu (4/3/2015). TRIBUNNEWS/HO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan tidak ada pemanggilan Duta Besar Indonesia di Australia oleh pemerintah negara tersebut. Pernyataan itu disampaikan Retno terkait foto Kapolres Denpasar bersama duo Bali Nine asal Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran di dalam pesawat sebelum terbang menuju Nusakambangan.

"Saya berkomunikasi dengan Pak Dubes, sampai saat ini tidak ada panggilan dari Kementerian Luar Negeri Australia," kata Retno kepada wartawan di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2015).

Sebelumnya tersiar kabar Menlu Australia Julie Bishop berencana memanggil Duta Besar Indonesia untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, mengenai foto Kapolres Bali dengan Myuran dan Chan di dalam pesawat.

Bishop berang lantaran foto-foto Myuran dan Chan tersebar ketika berada di pesawat usai dipindahkan dari Lapas Kerobokan, Bali, menuju Lapas Besi, Nusakambangan. Menurut mereka, foto tersebut sangat merendahkan Australia. Bahkan, Australia secara resmi telah mengajukan protes resmi tersebarnya foto tersebut.

Dari foto yang beredar, tampak Kapolres Denpasar Kombes Djoko Hari Utomo ikut mengantar Chan dan Myuran ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Djoko yang dikonfirmasi, mengaku tengah mencoba memberikan semangat untuk kedua warga negara Australia tersebut. Djoko mengaku tidak tahu siapa yang mengambil fotonya tersebut ketika berada di pesawat.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas