Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penanggulangan ISIS Tak Hanya Dilakukan oleh BNPT dan Densus 88

Din Syamsudin menyarankan pada pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan tegas terkait ideologi Islam State Iraq dan Syria

Penulis: Randa Rinaldi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Penanggulangan ISIS Tak Hanya Dilakukan oleh BNPT dan Densus 88
WARTAKOTA/Ahmad Sabran
Polda Metro Jaya bersama Tim Densus 88 mengamankan lima orang diduga tersangka kelompok radikal Negara Islam dan Suriah (ISIS), Sabtu (22/3/2015). Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono mengatakan, kelima orang itu ditangkap di lokasi berbeda, yaitu di Petukangan (Jakarta Selatan), Tambun (Bekasi), Cisauk (Tangerang), dan Cibubur (Bogor) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsudin menyarankan pada pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan tegas terkait ideologi Islam State Iraq dan Syria (ISIS) yang semakin membahayakan.

Langkah ini kata, Din bisa diambil pemerintah dengan melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak.

"Saya menyarankan untuk duduk bersama untuk membahas strategi nasional penanggulangan terorisme. Sebab, pemahaman saya kesimpulan selama ini belum komprehensif," kata Din setelah mengikuti seminar yang bertajuk"International Conference on Terrorism and ISIS," di Jakarta International Expo, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini mengatakan, pidato Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait bahaya ISIS harus ditindaklanjuti dengan tindakan yang subtantif dan kompehensif.

Bahkan, Din berani menyebut penuntasan jaringan ISIS di Indonesia tak bisa dilakukan dengan mengandalkan satuan anti teror Densus 88 semata.

"Kalau kita menanggani teroris hanya dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) dan Densus 88. Saya berkeyanan tidak akan bisa menghilangkan terorisme dengan itu saja. Kita ingin bicarakan bersama," ujar Din.

Lebih lanjut, Din menyatakan strategi nasional penangulangan terorisme harus dilakukan agar ideologi ISIS tidak tumbuh subur di Indonesia. Sejauh ini, kata Din ideologi ISIS sangat membahayakan bangsa-bangsa yang mengedepankan kebudayaan dan Islam.

BERITA TERKAIT

"Ini belum dibicarakan tapi apa yang ada itu bisa kita kritisi ini. Saya harap dengan konfrensi ini ada langkah lebih lanjut," kata Din.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas