Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Selidiki Ahli IT Berinisial F yang Bantu ISIS

F bertugas mencari video dan tulisan terkait ISIS dari sejumlah sumber. Kemudian, dia menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Polri Selidiki Ahli IT Berinisial F yang Bantu ISIS
WARTAKOTA/Ahmad Sabran
Polda Metro Jaya bersama Tim Densus 88 mengamankan lima orang diduga tersangka kelompok radikal Negara Islam dan Suriah (ISIS), Sabtu (22/3/2015). Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono mengatakan, kelima orang itu ditangkap di lokasi berbeda, yaitu di Petukangan (Jakarta Selatan), Tambun (Bekasi), Cisauk (Tangerang), dan Cibubur (Bogor) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian Indonesia masih menyelidiki lima orang yang diduga terlibat dalam jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Salah satu dari pelaku tersebut berinisial F memiliki kemampuan Information Technology (IT).

"Salah satu di antara mereka ada ahli IT. Siapa? Dia berinisial F," tutur Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri, Kombes Pol Rikwanto di Hotel Mega Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2015).

Rikwanto menjelaskan, F bertugas mencari video dan tulisan terkait ISIS dari sejumlah sumber. Kemudian, dia menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

"Dia menerjemahkan video dan tulisan yang kemudian dibuat dalam bentuk buletin," tuturnya.

Setelah dilakukan penangkapan pada beberapa hari lalu, menurut Rikwanto, aparat kepolisian saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap para terduga ISIS tersebut.

Berdasarkan pemeriksaan awal, mereka diketahui telah melakukan beberapa kegiatan mulai dari proses rekrutmen simpatisan sampai pemberangkatan simpatisan ke Suriah.

BERITA TERKAIT

Selama melakukan aktivitasnya, Rikwanto mengaku mereka didanai donatur. Aparat kepolisian masih melakukan pendalaman siapa yang mendanai aktivitas ini.

"Mereka membantu mengurus administrasi kalau ada orang mau ke luar negeri. Mereka bekerjasama dengan travel, memberikan peta jalan dan mempengaruhi orang," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas