Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres: Dugaan Dana Asing untuk Pengikut ISIS Harus Ditelusuri

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku belum dilapori mengenai temuan PPATK) terkait aliran dana asing untuk membiayai pengikut ISIS di Indonesia.

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Wapres: Dugaan Dana Asing untuk Pengikut ISIS Harus Ditelusuri
TRIBUN/DANY PERMANA
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri mantan Kepala BIN AM Hendropriyono (kiri) menghadiri International Conference on Terrorism & ISIS di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2015). Keberadaan ISIS mulai mengancam Indonesia dengan ditangkapnya 5 terduga anggota ISIS oleh Detasemen Khusus Anti Teror Mabes Polri di wilayah Jabodetabek Sabtu 21 Maret lalu. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Tribunnews.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku belum dilapori mengenai temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait aliran dana asing untuk membiayai pengikut Negara Islam Irak Suriah (NIIS/ISIS) di Indonesia.

Meskipun demikian, Kalla menilai dugaan aliran dana ini harus ditelusuri lebih jauh.

"Kita harus mencari tahu itu uang untuk apa, dari mana, harus jelas juga, jangan sampai nanti ada transfer ke luar negeri langsung dicurigai juga nanti berbahaya untuk ekonomi kita," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (26/3/2015).

Wapres juga menilai wajar jika ada aliran dana asing untuk membiayai pengikut ISIS di Indonesia karena gerakan ini melibatkan jaringan internasional.

"Itu kan memang jaringan internasional, tentu saling membantu, pasti. Jumlahnya saya tidak tahu. Memang saya baca ada dari Australia, macam-macam, itu memang jaringan internasional, sejak dulu begitu," ujar dia.

PPATK menemukan dugaan aliran dana ke organisasi masyarakat dan individu pendukung ISIS. Dana tersebut ada yang digunakan untuk merekrut pendukung atau memberangkatkan pengikut ISIS ke Irak dan Suriah.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas