Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bila Presiden Jokowi Dilengserkan, Kader Golkar Ini Menolak Jika Wapres JK Ikut Turun

Ditegaskan Poempida, jika kemudian proses pemakzulan dilakukan secara paket Presiden dan Wakil Presiden, ini pun tidak dapat dibenarkan

Bila Presiden Jokowi Dilengserkan, Kader Golkar Ini Menolak Jika Wapres JK Ikut Turun
Tribunnews/Dany Permana
Joko Widodo dan Jusuf Kalla usai menerima Surat Keputusan Penetapan Hasil Pemilu Presiden dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (22/7/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebijakan yang dilakukan oleh Presiden tanpa melibatkan Wapres, Tetap Sah Secara Konstitusi.

Ketua DPP Golkar, Poempida Hidayatulloh melontarkan pendapat itu menanggapi komentar koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie M. Masardi yang mengatakan bila Presiden Joko Widodo dilengserkan maka harus satu paket bersama Wapres JK.

Menurut Adhie, anggapan JK bisa menjadi mentor yang baik terhadap Joko Widodo makin jauh dari harapan publik.

"Saya melihat bahwa pendapat tersebut sangatlah tendensius dan tidak seimbang. Oleh karena itu perlu diluruskan," tegas Poempida Hidayatulloh dalam rilis yang diterima Tribunnews.com di Jakarta, Sabtu (4/4/2015).

Menurutnya, jika memang kebijakan Pemerintah dilakukan oleh seorang Presiden tanpa melibatkan Wakil Presiden, maka kebijakan tersebut tetap sah secara konstitusi.

Dari sejak Indonesia berdiri dan mempunyai Pemerintahan, lanjut Poempida, sudah banyak sekali kebijakan Presiden yang diputuskan tanpa melibatkan Wakil Presiden. 

"Bahkan pada zaman Presiden Habibie, Presiden membuat kebijakan sendiri, karena memang tidak ada Wakil Presidennya," jelasnya.

Ditegaskan Poempida, jika kemudian proses pemakzulan dilakukan secara paket Presiden dan Wakil Presiden, ini pun tidak dapat dibenarkan.

Karena pada dasarnya institusi Presiden jelas berbeda dengan Wakil Presiden. (baca juga : Bang Yos: Jokowi-JK Tidak Mungkin Dilengserkan)

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Yudie Thirzano
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas