Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buwas: Wanjakti Sudah Putuskan Satu Nama Calon Wakapolri

"Wanjakti sudah putuskan. Nanti Kapolri yang umumkan," ujar Buwas.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Buwas: Wanjakti Sudah Putuskan Satu Nama Calon Wakapolri
TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
Kabareskrim Irjen Pol Budi Waseso. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Bareskrim Polri, Komjen Budi Waseso (Buwas), mengakui anggota Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri telah menggelar sidang pada Jumat (17/4/2015) dan memutuskan satu nama menjadi calon Wakapolri alias tunggal.

"Wanjakti sudah putuskan. Nanti Kapolri yang umumkan," ujar Buwas di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Buwas enggan menyebutkan nama calon Wakapolri tersebut lantaran menjadi kewenangan sepenuhnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti selaku Ketua Wanjakti.

Menurutnya, sidang hari itu dihadiri hampir seluruh anggota Wanjakti. Ada dua jenderal bintang dua dan seorang jenderal bintang tiga tidak bisa mengikuti sidang Wanjakti tersebut karena tengah bertugas. Namun, mereka telah dihubungi dan dimintai usulan perihal calon Wakapolri tersebut.

Ia mengatakan, para anggota Wanjakti yang hadir menyepakati satu nama calon Wakapolri secara bulat atau aklamasi.

Menurutnya, sidang Wanjakti penentuan Wakapolri hari itu berlangsung baik, tanpa ada perdebatan alot.

"Nggak ada (perdebatan). Yang namanya kekompakan organisasi Polri itu di situ. Begitu Pak Kapolri menentukan nama A, maka kami sudah ikuti A," kata dia.

BERITA TERKAIT

Menurut Buwas, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti akan mengumumkan nama Wakapolri pendampingnya dalam waktu dekat. Adapun penyampaian nama Wakapolri kepada Presiden Jokowi hanya bersifat pemberitahuan.

Pernyataan Kabareskrim Komjen Budi Waseso selaku anggota yang mengikuti sidang Wanjakti ini berbeda dengan pernyataan Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti sebelumnya.

Sebelumnya, Badrodin menyatakan dirinya baru akan memimpin sidang Wanjakti dan memutuskan nama calon Wakapolri pada Selasa malam ini. Ia menespis Kalemdikpol, Komjen Budi Gunawan telah terpilih dalam sidang Wanjakti yang digelar pada Jumat (17/4/2015) lalu.

Namun, ia mengakui adanya sidang Wanjakti perihal pemilihan nama calon Wakapolri tersebut. Menurutnya, sidang Wanjakti hari itu belum memutuskan nama calon Wakapolri karena anggota peserta sidang tidak lengkap.

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Wacth (IPW), Neta S Pane sendiri menyampaikan hal yang hampir sama dengan Buwas.

Menurut Neta, Komjen Budi Gunawan telah terpilih sebagai calon Wakapolri tunggal dalam sidang Wanjakti pada Jumat lalu. Seluruh anggota Wanjakti telah menandatangani persetujuan Komjen BG sebagai orang yang akan menjadi orang nomor dua di Polri. Dan Badrodin Haiti selaku Kapolri telah memberitahukan nama Komjen BG sebagai calon Wakapolri itu kepada Presiden Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas