Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KAA Wacanakan Pembentukan Asia-Africa Center

"Itu jalur yang dari Asia pasifik sampai ke Eropa melewati itu. itu betapa pentingnya peran dari jalur alur laut ini," kata Indroyono.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in KAA Wacanakan Pembentukan Asia-Africa Center
Warta Kota/henry lopulalan
Menko Kemaritiman Indroyono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menerima usulan dari sejumlah anggota Small Island Developing States (SIDS) dan Indian Ocean Rim Association (IORA) agar dibentuk Asia-Africa Center.

Indroyono mengatakan, Asia-Africa Center yang diusulkan tersebut nantinya bisa mengakomodir kerjasama negara-negara kawasan Asia dan Afrika pada sektor sumber daya mineral, gas dan perikanan.

"Mereka ada yang menyarankan, kalau nanti ada Asia-Africa center, bisakah nanti ada komponen pembangunan khusus untuk sumber daya laut dan kelautan, banyak saran yang menarik ya," ujar Indroyono dalam jumpa pers yang digelar di Media Center Peringatan Ke-60 Konferensi Asia-Afrika di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/4/2015).

Usulan pembentukan Asia-Africa Center tersebut dilatarbelakangi pentingnya jalur transportasi laut di kawasan Asia dan Afrika. Indroyono memaparkan ada beberapa rute transportasi laut yang ramai diantaranya Selat Malaka, Terusan Suez dan Cape Hope.

"Itu jalur yang dari Asia pasifik sampai ke Eropa melewati itu. itu betapa pentingnya peran dari jalur alur laut ini," kata Indroyono.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas