Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Harus Copot Jabatan Badrodin dan Budi Waseso

perwira di kepolisian saat ini sudah melakukan pembangkangan kepada Presiden Joko Widodo.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Jokowi Harus Copot Jabatan Badrodin dan Budi Waseso
Tribunnews.com/Wahyu Aji
Penyidik Bareskrim Mabes Polri akhirnya menahan Novel Baswedan ke Rumah Tahanan Brimob Kelapa Dua, Depok, Jumat (1/5/2015) sekitar pukul 11.00 WIB. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima), Ray Rangkuti, menilai perwira di kepolisian saat ini sudah melakukan pembangkangan kepada Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut diungkapkan Ray, karena polisi tidak menuruti permintaannya untuk menghentikan kriminalisasi terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan sekarang malah menangkap penyidik KPK, Novel Baswedan.

"Saya mencatat sudah lima kali presiden mengimbau kepolisian agar tidak ada kriminalisasi, agar polisi tidak mencari-cari kesalahan atau membuat gaduh," kata Ray, Jumat (1/5/2015).

Menurutnya, jika imbauan telah dikeluarkan dan tidak dijalankan oleh kepolisian, maka Jokowi perlu melakukan tindakan yang tegas untuk menghentikan kriminalisasi KPK.

"Presiden harus mengevaluasi instansi kepolisian, lalu copot Badrodin Haiti sebagai Kapolri serta Budi Waseso sebagai Kabareskrim. Tapi untuk saat ini, yang paling mungkin itu mencopot Budi Waseso," ucapnya.

Adanya kejadian penangkapan Novel, kata Ray, memperlihatkan ‎instansi kepolisian saat ini bukan pelindung masyarakat, tetapi telah melakukan intimidasi kepada pihak yang ingin memberantas korupsi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas