Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Budi Waseso Hadir dalam Pertemuan Kapolri dan Pimpinan KPK

Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso hadir dalam pertemuan antara Kapolri dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Mabes Polri.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Budi Waseso Hadir dalam Pertemuan Kapolri dan Pimpinan KPK
TRIBUN/DANY PERMANA
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti bersama Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso menjawab pertanyaan wartawan terkait penangkapan penyidik KPK Novel Baswedan, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/5/2015). Novel ditangkap dengan tuduhan melakukan penganiayaan dalam penanganan kasus saat Novel masih bertugas di Polres Bengkulu 2004 lalu. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Budi Waseso hadir dalam pertemuan antara Kapolri dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Mabes Polri.

Jenderal polisi bintang tiga tersebut datang ke Mabes Polri sekitar pukul 13.00 WIB dengan mengendarai mobil berpelat B 666 BW. Ia masuk melalui pintu belakang, dengan mengenakan kemaja hijau muda lengan panjang. Pria yang akrab disapa Buwas tersebut langsung menaiki tangga dan masuk ke ruang pimpinan Polri.

Sebelumnya sudah datang Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti dengan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan. Sementara dari pihak KPK sudah hadir tiga pimpinannya di antaranya Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Johan Budi.

"Rencananya dari KPK akan ada lima mobil, tetapi baru tiga yang datang. Pertama Pak Ruki, kedua Pak Seno Adji, dan Johan Budi. Belum tahu apakah akan datang semua atau tidak," ucap seorang petugas kepolisian yang berjaga di halaman Mabes Polri, Sabtu (2/5/2015).

Pimpinan KPK Johan Budi yang hadir dalam pertemuan tersebut belum mau memberikan komentar banyak terkait pertemuan tersebut

"Nanti, nanti saja ya," ucapnya dari dalam mobil yang melintasi kerumunan wartawan.

BERITA TERKAIT

Pertemuan tersebut dilakukan untuk membicarakan nasib penyidik KPK Novel Baswedan yang ditangkap pihak kepolisian, Jumat (1/5/2015) terkait kasus penganiayaan terhadap pelaku pencurian sarang burung walet di Bengkulu. Saat itu, Novel sebagai Kasatreskrim menembak kaki pelaku pencurian yang sudah ditangkap pihak kepolisian.

Novel sebelumnya sempat akan ditangkap pada 5 Oktober 2012 saat situasi Polri dan KPK sedang memanas karena penanganan kasus korupsi simolator SIM yang melibatkan mantan Kakorlantas Polri Irjen Pol Djoko Susilo.

Tetapi upaya anggota Polri yang mendatangi Gedung KPK untuk menciduk Novel tidak berhasil karena sejumlah penggiat antikorupsi dari kelompok masyarakat sipil mendesak kepolisian tidak melakukan kriminalisasi terhadap KPK.

Suasana Polri dan KPK pun semakin tegang, sampai akhirnya saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengambil sikap agar kasus Novel Baswedan tidak dilakukan terlebih dahulu karena dianggap waktu dan cara yang dilakukan Polri tidak tepat saat itu.

Tetapi setelah beberapa tahun tidak terdengar lagi kelanjutannya, tiba-tiba Bareskrim Polri menangkap Novel Baswedan di rumahnya di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (1/5/2015). Penangkapan dilakukan kepolisian karena dianggap mantan polisi tersebut tidak mengindahkan panggilan penyidik. Kini Novel pun dibawa ke Bengkulu untuk melakukan rekonstruksi kejadian guna memenuhi berkas penyidikan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas