Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko PMK: Pemerintah Siap Gelar Sail Tomini dan Festival Boalemo

Acara peresmian Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 yang dibuka Puan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menko PMK: Pemerintah Siap Gelar Sail Tomini dan Festival Boalemo
ist
Menko PMK Puan Maharani saat meresmikan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Jakarta, Selasa (5/5/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, festival laut dan pelayaran Sail Tomini dan Festival Boalemo di Provinsi Sulawesi Tengah memberikan dampak positif bagi daerah dalam percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah tertinggal.

Oleh karena itu, kata Puan, pemerintah pusat di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mendukung dan menggalang peran sejumlah kementerian dan lembaga untuk membantu panitia dan pemerintah daerah menyukseskan pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo yang digelar bulan September 2015.

"Penyelenggaraan Sail merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan penguatan strategi pembangunan kelautan dan maritim untuk bersama-sama secara sinergis membangun Indonesia sebagai negara maritim yang maju dan mandiri," kata Puan saat meresmikan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Acara peresmian Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 yang dibuka Puan antara lain turut dihadiri Menteri Kelautanan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Dalam sambutannya, Puan mengatakan, acara Sail Tomini dan Festival Boalemo sejalan dengan program pembangunan nasional dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, yaitu menegaskan sekaligus memperkuat jati diri Indonesia sebagai negara maritim.

"Penguatan tersebut tidak hanya dalam dimensi menjaga kedaulatan dan integritas wilayah NKRI akan tetapi juga melakukan penguatan atas strategi pembangunan kelautan dan maritim yang diarahkan untuk dapat menguasai dan mengelola sumber daya kelautan dan maritim bagi kesejahteraan rakyat," ujar Puan.

Salah satu bentuk komitmen pemerintah pusat untuk mendukung acara ini, kata Puan, Presiden antara lain telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2014. Selain itu, kata Puan, rapat koordinasi antarkementerian dan lembaga juga terus digelar untuk menyiapkan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015.

BERITA TERKAIT

Di samping itu, kata Puan, acara ini patut didukung karena juga bagian dari upaya mendukung kebijakan dan program pemerintah yang akan difokuskan pada upaya percepatan peningkatan produksi perikanan, pengembangan energi dan mineral kelautan, pengembangan kawasan wisata bahari, dan kemampuan industri maritim dan perkapalan.

"Prioritas khusus akan diberikan pada peningkatan fungsi dan peran perhubungan laut untuk mewujudkan poros maritim dunia," ujar Puan. Penyelenggaraan Sail juga diikuti dengan penyelenggaran Festival Budaya. Pada Sail Tomini 2015 ini juga akan diselenggarakan Festival Budaya yaitu Festival Boalemo.

"Festival Budaya merupakan salah satu upaya kita dalam meneguhkan Kebhinekaan bangsa Indonesia. Kebudayaan lokal merupakan tempat bertumbuhnya bangunan budaya dan karakter bangsa Indonesia. Oleh karena itu kebudayaan lokal memiliki peran yang sangat strategis di dalam memperkuat persatauan Indonesia dan meneguhkan bahwa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika," demikian Puan, menegaskan.

Rangkaian penyelenggaraan Sail Tomini 2015 akan diselenggarakan mulai dari saat peluncurannya pada hari ini sampai dengan penyelenggaraan acara puncak Sail Tomini, yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal tanggal 19 September 2015 di Pantai Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kabupaten Parigi Mountong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas