Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JK: Kasus Novel Baswedan Bukan Masalah Polri dan KPK

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa kasus penyidik KPK Novel Baswedan tidak ada sangkut-pautnya dengan hubungan masalah KPK dan Polri.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in JK: Kasus Novel Baswedan Bukan Masalah Polri dan KPK
TRIBUN/DANY PERMANA
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan keterangan pers bersama Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti terkait penangkapan penyidik KPK Novel Baswedan, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/5/2015). Novel ditangkap dengan tuduhan melakukan penganiayaan dalam penanganan kasus saat Novel masih bertugas di Polres Bengkulu 2004 lalu. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa kasus penyidik KPK Novel Baswedan tidak ada sangkut-pautnya dengan hubungan masalah KPK dan Polri.

JK memaparkan bahwa proses hukum tetap ditegakkan tanpa melihat jabatan dan status lembaga yang mewakili Novel.

"Sekali lagi saya katakan, masalah Novel bukan masalah Polri dan KPK," ujar JK di IIF Asian Summit 2015, Kamis (7/5/2015).

JK memaparkan jika kasus hukum Novel Baswedan dihentikan, hal tersebut pasti akan menimbulkan pro kontra di masyarakat. Karena hal itu, proses hukum hanya bisa dihentikan sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku.

"Nanti kalau enggak jalan Anda bilang dihentikan, salah kalau dihentikan," papar JK.

JK menambahkan proses hukum Novel Baswedan tidak ada intervensi. Pasalnya proses hukum menurut JK harus ditegakan dan ditaati.

"Proses hukum tetap jalan," jelas JK. mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

BERITA TERKAIT

Novel Baswedan sempat ditahan penyidik Bareskrim di Mako Brimob sebelum ke Bengkulu untuk melakukan proses rekonstruksi. Namun penahanan Novel ditangguhkan setelah Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk membebaskan, dengan surat penangguhan dari pimpinan KPK.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas