Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aktivis 98 Bilang Jokowi Mau Dijatuhkan Seperti Gus Dur

Namun cara Presiden Jokowi untuk menghadapi tuduhan tersebut dinilai cerdas.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Aktivis 98 Bilang Jokowi Mau Dijatuhkan Seperti Gus Dur
ist
Ribuan orang memadati acara Jambore Komunitas Juang Relawan Jokowi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Sabtu (16/5/2015). Relawan mengapresiasi kehadiran Jokowi dalam jambore itu. Tampak Ketua Penyelenggara Acara, Adian Napitupulu, bersama Presiden Jokowi di panggung acara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Aktivis 1998 Maxil Minamunir mengatakan ada upaya menjatuhkan Presiden Joko Widodo seperti yang dilakukan elite-elite politik yang menurunkan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 2001 silam.

"Ada upaya yang sistematis menggulingkan Jokowi ditengah jalan. Dengan cara men-down grade, dimana ciri-ciri men-down grade melalui rasa aman yang dilakukan Jokowi," kata Maxil dalam acara 'Jokowi Pemimpin Rakyat Tanpa Beban Masa Lalu' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2015).

Menurutnya, cara-cara yang dilakukan melalui fitnah kepada keluarganya lewat isu-isu yang menyebut keluarga komunis dan semacamnya.

Namun cara Presiden Jokowi untuk menghadapi tuduhan tersebut dinilai cerdas.

"Ada upaya sistematis yang ingin menjatuhkan Jokowi. Caranya adalah dengan downgrade Nawa Cita. Seperti kasus begal, itu seperti didesain agar masyarakat resah di awal pemerintahan Jokowi," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Hendrik Dickson Sirait yang menilai ada upaya yang sama seperti menjatuhkan Gus Dur dari posisi presiden saat itu kepada Jokowi.

"Harapan kita ada pada Gus Dur saat itu, tapi kemudian Gus Dur kalah oleh kekuatan lama, dan kita tak ingin hal serupa terjadi kepada Jokowi," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas