Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mabes Polri: Komisaris Jenderal Budi Gunawan Bukan Lagi Tersangka

"Sehingga penetapan tersangkanya juga tidak sah," ucap Anton, Senin (18/5/2015) di Mabes Polri.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mabes Polri: Komisaris Jenderal Budi Gunawan Bukan Lagi Tersangka
KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES
Komisaris Jenderal Budi Gunawan hadir dalam sidang paripurna penetapan calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/1/2015). Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri meski Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kini status hukum Wakapolri, Komisaris Jenderal (Pol) Budi Gunawan masih menjadi perdebatan.

Setelah sebelumnya, jenderal polisi berkumis lebat ini ditetapkan statusnya sebagai tersangka oleh KPK dalam dugaan gratifikasi.

Dalam perjalanannya, pihak Komjen Budi Gunawan mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan hasilnya Komjen Budi Gunawan memenangkan praperadilan tersebut.

Atas status Komjen Budi Gunawan, pihak Polri pun bersuara.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen (Pol) Anton Charliyan mengatakan dari hasil praperadilan sudah sangat jelas bahwa penetapan tersangka pada Komjen Budi Gunawan tidak sah.

"Di praperadilan kan sudah jelas, ada empat klausul dan sudah diputuskan penyidikan oleh KPK tidak sah.‎ Sehingga penetapan tersangkanya juga tidak sah," ucap Anton, Senin (18/5/2015) di Mabes Polri.

Lalu bagaimana dengan KPK yang tidak memiliki kewenangan mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan? Anton pun mengatakan memang KPK tidak bisa mengeluarkan SP3.

BERITA TERKAIT

"Penghentian penyidikan boleh kalau ada orang yang tidak salah. Tetap azaz hukum perlu dihormati," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas