Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Susi Ledakkan 40 Kapal Hari Ini

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama TNI AL dan Polair menenggelamkan 40 kapal

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menteri Susi Ledakkan 40 Kapal Hari Ini
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Salah satu kapal berbendera Thailand yang diledakkan TNI AL di Perairan Anambas, Kepulauan Riau, Minggu (28/12/2014). TNI AL kembali menenggelamkan dua kapal berbendera Thailand yang melakukan kegiatan illegal fishing di Wilayah Perairan Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama TNI AL dan Polair menenggelamkan 40 kapal hari ini. Kapal-kapal tersebut bisa ditenggelamkan karena melanggar aturan wilayah laut.

"Sebanyak 40 kapal itu merupakan kapal dari (sitaan) Desember lalu (yang akan diledakkan)," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo di The 39th IPA Convention and Exhibiton, di JCC, Rabu (20/5/2015).

Indroyono memaparkan 40 kapal tersebut diledakan karena sudah melalui proses hukum. Dalam putusannya semua kapal yang melanggar akan ditenggelamkan.




"Kenapa baru hari ini? Karena sudah ada putusan inkracht. Sekarang aturannya sudah keluar di pengadilan," ujar Indroyono.

Dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 18 kapal akan diledakkan oleh pemerintah melalui Menteri Susi. Sedangkan 22 kapal dilakukan oleh TNI AL.

40 kapal asing yang melanggar wilayah batas kelautan berasal dari Thailand, Vietnam, Malaysia dan Filipina. Kapasitas kapal yang ditenggelamkan bervariasi, antara 80 hingga 150 Gross Ton (GT).

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas