Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JPU: Fuad Amin Masih Terima Suap hingga Menjadi Ketua DPRD Bangkalan

Kamis (21/5/2015) pagi, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta kembali menggelar sidang perkara dugaan suap dalam jual beli gas alam

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in JPU: Fuad Amin Masih Terima Suap hingga Menjadi Ketua DPRD Bangkalan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Fuad Amin Imron 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamis (21/5/2015) pagi, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta kembali menggelar sidang perkara dugaan suap dalam jual beli gas alam dengan terdakwa mantan Bupati Bangkalan, Jawa Timur, Fuad Amin Imron. Sidang tersebut pun kembali dihadiri oleh puluhan pendukung Fuad Amin.

Para pendukung Fuad Amin pun turut masuk ke dalam ruang sidang yang membuat penuh ruangan sidang utama di lantai 1 tersebut. Para pendukung yang tak kebagian kursi pun rela untuk berdiri.

Sidang dibuka oleh Ketua Majelis M Mukhlis dan terdakwa Fuad Amin masuk ke ruang persidangan. Sidang hari ini beragendakan pembacaan tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK atas nota keberatan atau eksepsi terdakwa Fuad Amin.

Fuad Amin Imron didakwa Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima suap sebesar Rp 18,050 miliar. Uang suap tersebut didapatkan Fuad dari PT Media Karya Sentosa (MKS) terkait jual beli gas alam.

"Terdakwa telah menerima uang secara bertahap yang seluruhnya berjumlah Rp 18,050 miliar,"‎ kata JPU KPK, Pulung Rinandoro saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Dalam dakwaan dijelaskan, Fuad Amin menerima uang dari PT MKS karena Ketua DPRD Bangkalan nonaktif itu memiliki peran atas tercapainya perjanjian konsorsium dan perjanjian kerjasama antara PT MKS dan PD Sumber Daya. Selain itu, Fuad juga berperan memberikan dukungan kepada PT MKS untuk bekerjasama dengan Kodeco Energy Co. Ltd ‎terkait permintaan penyaluran gas alam ke Gilitimur.

BERITA TERKAIT

Menurut Jaksa Pulung, uang yang diterima Fuad Amin merupakan suap dari Direktur HRD PT MKS, Antonius Bambang Djatmiko bersama-sama dengan Sardjono (Presiden Direktur), Sunaryo Suhadi (Managing Director), dan Achmad Harijanto (Direktur Teknik) serta Pribadi Wardojo (General Manager Unit Pengolahan PT MKS).

"Pemberian uang kepada terdakwa tersebut masih terus berlanjut hingga terdakwa menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan," papar Jaksa.

Fuad Amin Imron telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap jual beli gas alam di Bangkalan, Jawa Timur. Dalam kasus ini, Fuad dijerat dengan Pasal 12 huruf a, Pasal 12 huruf b, Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak PidanaKorupsisebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas