Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Megawati: Saya Mau Jadi Bupati Deh

Megawati Soekarnoputri tiba-tiba mengaku ingin mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

Megawati: Saya Mau Jadi Bupati Deh
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan kuliah umum dalam peringatan ke-50 tahun Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Gedung Lemhanas, Jakarta, Kamis (28/5/2015). Dalam kuliah umumnya, Megawati Soekarnoputri menegaskan Lemhannas bukanlah lembaga stempel sertifikasi kepemimpinan. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tiba-tiba mengaku ingin mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

Hal itu dikatakan terkait diterapkannya sistem desentralisasi atau otonomi daerah, yang membuat kondisi di banyak kabupaten maupun daerah justru tidak membaik.

"Kalau dengan diterapkannya otonomi daerah ternyata kondisi kabupaten tidak lebih baik, saya mau jadi bupati deh," kata Megawati saat memberikan pidato kuliah umum di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Dirinya mengaku tak peduli dengan apa kata orang soal gila jabatan dengan turun menjadi seorang bupati.

Menurutnya, bukanlah jabatan yang penting, namun bagaimana berpikir demi memberikan kesejahteraan bagi rakyat dan negara.

"Saya tinggal minta aja mau dimana. Saya juga yakin pasti banyak yang dukung kok," katanya.

Dirinya mengaku khawatir saat negara dalam keadaan krisis dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak disalurkan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), kabupaten dan provinsi tidak bisa berbuat apa-apa.

Untuk itu, ia meminta pada para calon kepala daerah yang menduduki orang nomor satu di daerah supaya memastikan ada potensi ekonomi di wilayah yang akan dipimpinnya.

Peluang itu, kata dia, harus bisa digarap setidaknya selama lima tahun dia menjabat sebagai kepala daerah.

Dengan peringatan 50 tahun Lemhanas, dirinya berharap agar lembaga tersebut semakin digelorakan oleh ruh pendirinya. Hal ini demi memantapkan Lemhanas menjadi tempat pengemblengan para pemimpin bangsa.

"Saya berharap Lemhanas akan semakin kokoh berdiri, menjadi pusat pengemblengan revolusi mental bagi calon-calon pemimpin bangsa," katanya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas