Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jokowi, Megawati dan SBY Dijadwalkan Hadir di Blitar 1 Juni

Dalam peringatan tersebut, direncanakan bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Jokowi, Megawati dan SBY Dijadwalkan Hadir di Blitar 1 Juni
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
ilustrasi. Foto Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berjabat tangan dengan Presiden SBY 

TRIBUNNEWS.COM, BLITAR – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar peringatan pidato Bung Karno 1 Juni di Blitar Jawa Timur, Senin 1 Juni 2015 besok.

Dalam peringatan tersebut, direncanakan bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Peringatan pidato Bung Karno 1 Juli, merupakan kegiatan yang dilakukan MPR RI setiap tahun. Pada tahun lalu, kegiatan ini dilakukan di Bengkulu. Sementara tahun sebelumnya (2013) MPR menyelenggarakan kegiatan serupa di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Diketahui, kota Blitar adalah tempat Bung Karno berpidato 1 Juni. Di kota tersebut juga, presiden pertama Indonesia dimakamkan.

Untuk memperingati pidato Bung Karno tahun 2015, MPR menyelenggarakan serangkaian acara yang dimulai, Sabtu 30 Mei 2015 hingga puncak acara 1 Juni 2015.

Sebuah seminar dengan tema implementasi nilai-nilai pancasila dalam upaya pengokohan etika politik, hukum, ekonomi, dan pemerintahan.

Sementara pada malam harinya, MPR menggelar pagelaran wayang kulit di halaman kantor Wali Kota Blitar. Pada hari Minggu 31 Mei 2015, Pemerintah Kota Blitar menggelar kirab pusaka. Kegiatan ini merupakan acara tahunan di Kota Blitar setiap menjelang 1 Juni.

Pada puncak acara, peringatan pidato Bung Karno 1 Juni, akan berlangsung di Alun-alun Kota Blitar yang dihadiri Presiden Joko Widodo, pimpinan MPR, ketua lembaga negara.

Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan, dalam kesempatan itu, bakal diisi dengan pembacaan teks Pancasila, sambutan-sambutan, dan pidato Presiden Jokowi.

"Ini sudah rutin 17 tahun dilakukan," kata Anwar kepada wartawan.

Selain itu, MPR juga bakal meluncurkan gerakan "Ini Baru Indonesia" ditandai dengan pembacaan manifesto gerakan, penulisan pesan juga harapan presiden dan Ketua MPR.

Gerakan ini adalah yang dilakukan MPR dengan merangkul seluruh komponen masyarakat melalui cara yang simpel, kreatif, dan kekinian untuk menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas