Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pansel KPK: Tak Ada Celah Masuknya Calon Pimpinan KPK Titipan

Panitia seleksi calon pimpinan KPK mengklaim telah menutup celah masuknya calon 'titipan' pihak-pihak tertentu.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pansel KPK: Tak Ada Celah Masuknya Calon Pimpinan KPK Titipan
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
PERPANJANGAN PENDAFTARAN - Ketua Pansel Pimpinan KPK Destry Damayanti (tengah), Juru Bicara Pansel Betti Alisjahbana (ketiga kanan) dan lima anggota Pansel Natalia Subagyo (kedua kanan), Meutia Ganie-Rochman (kanan), Yenti Garnasih (kedua kiri), Diani Sadiawati (kiri) dan Harkristuti Harkrisnowo (ketiga kiri) ketika memberikan keterangan pers di Gedung Kemensetneg, Komplek Istana, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (23/6). Pansel Pimpinan KPK memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran calon pimpinan KPK 2015-2019 hingga 3 Juli pukul 12.00 WIB. Pansel Pimpinan KPK memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran calon pimpinan KPK 2015-2019 hingga 3 Juli pukul 12.00 WIB. Warta Kota/henry lopulalan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia seleksi calon pimpinan KPK mengklaim telah menutup celah masuknya calon 'titipan' pihak-pihak tertentu. Utamanya dari kalangan penegak hukum, seperti institusi Polri dan Kejaksaan Agung.

"Insya Allah tidak akan ada titipan-titipan. Pokoknya kami sesuai prosedur," tegas anggota pansel KPK, Yenti Ganarsih di Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Pansel menurut Pakar Hukum Pidana dan Tindak Pidana Pencucian Uang itu akan melakukan penilaian yang sangat ketat. Dari rekam jejak, sampai psikologis para calon. Sehingga apa yang dihasilkan Pansel, sangat layak untuk dipertanggungjawabkan kepada Presiden, serta layak berhadapan dengan para walik rakyat di parlemen.

"Nanti kan ada juga ada tes deskripsi diri mengenai penguatan tentang KPK. Itu harus, harus tahu dong bagaimana tentang KPK, pemahamannya tentang pemberantasan korupsi. kami cari yang benar-benar punya integritas dan independen, serta kompeten," ujarnya.

Sejauh ini, terang Yenti, para pendaftar berasal dari berbagai latar belakang. Ada dari Polri, BNN, Jaksa, Advokat, PNS, akademisi dan pihak istitusi swasta yang ahli di bidangnya. Namun, pihaknya belum menutup pendaftaran, bagi putra Putri bangsa yang kompeten untuk ikut mencalonkan diri.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas