Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Separuh Lebih Pendaftar Calon Pimpinan KPK Akan Gugur Tahap Administrasi

"Mungkin mereka bagus di bidang lain tapi tidak untuk KPK," ujar Meuthia.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Separuh Lebih Pendaftar Calon Pimpinan KPK Akan Gugur Tahap Administrasi
Tribunnews.com/Tribunnews.com/Andri Malau
Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) umumkan perpanjang masa pendaftaran calon pimpinan KPK hingga tanggal 3 Juli pukul 12:00 wib. Ketua Pansel KPK Destry Damayanti menyampaikan pengumuman tersebut didampingi enam anggota Pansel lain ya, Di Kantor Setneg, Jakarta, Selasa (23/6/2015). Tribunnews.com/Andri Malau 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) calon Pimpinan KPK 2015-2020 mengungkapkan banyak dari pendaftar yang tidak memenuhi syarat menjadi pimpinan KPK.

Anggota Pansel Meuthia Ganie Rochman mengungkapkan berdasarkan berkas yang dikirim, banyak dari pendaftar tersebut sebenarnya tidak layak bekerja di KPK.

"Cukup banyak juga yang mungkin kurang memenuhi kualifikasi. Tidak sesuai dengan pekerjaan KPK. Mungkin mereka bagus di bidang lain tapi tidak untuk KPK," ujar Meuthia di KPK, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Dari sekitar 500 pendaftar yang sudah memasukkan berkasnya, Meuthia mengatakan sekitar 200 pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Kata Meuthia, sudah menjadi hal jamak lebih dari setengah pendaftar gugur di tahap seleksi administrasi.

"Karena jumlahnya sangat besar, mungkin jumlahnya sekitar 200-an yang keluar di pengumuman melihat kemarin sekitar 500 (pendaftar)," beber Meuthia.

Untuk itu, Meuthia mengaku pihaknya sedang berpikir keras untuk memutuskan nama-nama yang akan dikirim ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan KPK untuk dilacak latar belakangnya.

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Pansel, Betti Alisjahbana, mengungkapkan dari para pendaftar tersebut 19 pendaftar dari unsur Polri dimana enam diantaranya adalah purnawirawan dan empat dari unsur TNI, dua diantaranya adalah purnawirawan.

BERITA TERKAIT

Selain itu menurut Betti juga ada 59 pendaftar yang merupakan pegawai swasta, pensiunan sebanyak 42 orang, dan wiraswasta 29 orang. Menurut Betti, nama-nama akan diumumkan setelah pendaftaran ditutup oleh pada 3 Juli pukul 12.00 WIB.

Pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli dan diunggah di www.setneg.go.id.

Setelahnya, masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan terhadap nama-nama yang lolos seleksi administrasi selama satu bulan mulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2015.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas