Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sutiyoso Akui Anggaran BIN Masih Kecil

Calon Kepala BIN Sutiyoso mengakui anggaran operasional institusi intelijen masih terbilang kecil sekitar Rp 2 triliun

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Sanusi
zoom-in Sutiyoso Akui Anggaran BIN Masih Kecil
TRIBUN/DANY PERMANA
Calon Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso bersiap menjalani uji kelayakan dan kepatutan di hadapan Komisi I DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2015). Sutiyoo yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kepala BIN akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja di depan Komisi I DPR RI secara tertutup. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengakui anggaran operasional institusi intelijen masih terbilang kecil sekitar Rp 2 triliun. Padahal, ruang lingkup dan tugas BIN bukan hanya di dalam tetapi juga di luar negeri.

"Saya kira penilaian sementara nilai Rp 2,6 triliun apalagi mau dipotong, itu sangat kecil," kata Sutiyoso di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Sebagai lini terdepan dalam keamanan negara, Sutiyoso menilai BIN harus memiliki biaya yang memadai. Menurutnya, di negara manapun operasi intelijen adalah operasi yang mahal karena menyangkut keselamatan negara. "Dalam hal anggaran, saya akan berkonsultasi dengan Komisi I DPR RI," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun, Sutiyoso enggan menyebutkan anggaran ideal yang harus dimiliki BIN. Apalagi, anggaran BIN itu digunakan untuk gaji pegawai, operasional yang lingkupnya luas dan juga mendukung kerja intelijen di luar negeri.

"Nilai itu tentu sangat kecil sepengetahuan saya bila (dibandingkan dengan) biaya intelijen di negara-negara lain," katanya.

Diketahui, Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan alokasi anggaran BIN pada 2015 senilai Rp 2,6 triliun dan hingga saat ini realisasinya sebesar 42 persen. "Realisasi sebesar 42 persen adalah tinggi," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas