Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigjen Pol Basaria Panjaitan, SH Daftarkan Diri Sebagai Calon Pimpinan KPK

Brigjen Basaria Panjaitan ikut mendaftar calon pimpinan KPK

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Brigjen Pol Basaria Panjaitan, SH Daftarkan Diri Sebagai Calon Pimpinan KPK
Sispolri.com
Brigjen Basariah Panjaitan yang kini mengajar di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri di Lembang, Bandung, Jawa Barat mewakili Polri Ikut mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Brigjen Basaria Panjaitan yang kini mengajar di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri di Lembang, Bandung, Jawa Barat mewakili Polri Ikut mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK.

Dalam upacara HUT Bhayangkara ke-69 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015) , tampak terlihat Brigjen Basaria, duduk di tenda tamu undangan di barisan paling depan, berdampingan dengan jenderal-jenderal bintang dua lainnya. Ia menjadi sorotan, diantara jenderal-jenderal yang didominasi oleh polisi pria.

Saat ditanya komentarnya soal calon pimpinan KPK, Brigjen Basaria tidak mau banyak bicara. Pasalnya pertarungan seleksi calon pimpinan KPK belum dimulai.

"Nanti saja ya, nanti saja. Kan seleksinya juga belum dimulai. Saya belum bisa bicara dulu," singkatnya.

Brigjen Basariah membenarkan memang namanya direkomendasikan oleh Polri untuk menjadi calon pimpinan KPK. Selain itu, keluarganya pun memberikan dukungan penuh agar Brigjen Basariah bisa mewakili Polri di KPK.

Menurutnya yang menjadi modal terbesar dirinya mau maju sebagai calon pimpinan KPK yakni karena ia memiliki latar belakang reserse yang mempuni dan tidak perlu diragukan lagi.

BERITA TERKAIT

"Saya kan memang dari dulu reserse, setelah mendapat bintang baru tidak di serse lagi. Tidak ada persiapan terlalu khusus dalam seleksi ini," katanya.

Seperti diketahui, biasanya Polwan selalu identik dengan kelembutan. Namun sosok Brigjen Basariah berbeda dengan polwan-polwan lainnya.

Sepintas Brigjen ‎Basariah tampak kaku dan tegas. Tapi meski begitu, sikap keibuan dan kewibawaanya sebagai Polwan dengan pangkat tertinggi tetap melekat padanya.

Sebelumnya, Polri telah menyeleksi putra putri terbaiknya menjadi calon pimpinan KPK dan mendaftarkan diri ke Pansel KPK. Wakapolri Komjen Budi Gunawan mengatakan dari enam nama yang akan mendaftar ke Pansel KPK, satu diantaranya yakni seorang Polwan yakni Brigjen Basariah Panjaitan.

"Brigjen Basariah memiliki latar belakang di Reserse serta pernah berdinas di Sumatera. Bahkan Brigjen Basariah pernah pula berninas di satuan Provos," ujar Komjen Budi Gunawan.

Diutarakan Budi Gunawan, ada beberapa perwira yang sudah mendaftarkan diri ke pimpinan Polri, mereka yakni Kapolda Papua, Irjen Yotje Mende, Irjen Syahrul Mamma, Pati SSDM Polri yang ditugaskan di Kemenkopolhukam Bidang Kordinasi Keamanan Nasional dan mantan Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pur Benny Mamoto.‎

Lalu nama-nama lainnya yakni Brigjen Basariah Panjaitan, Irjen V Sam Budiono (Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN) dan Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya (Asisten Sarana dan Prasarana Kapolri)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas