Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

194 Pendaftar Lolos Seleksi Tahap Pertama

Kami putuskan berdasarkan hasil pleno, bahwa para pendaftar yang lolos tahap pertama sebanyak 194 peserta

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 194 Pendaftar Lolos Seleksi Tahap Pertama
Tribunnews.com/Tribunnews.com/Andri Malau
Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) umumkan perpanjang masa pendaftaran calon pimpinan KPK hingga tanggal 3 Juli pukul 12:00 wib. Ketua Pansel KPK Destry Damayanti menyampaikan pengumuman tersebut didampingi enam anggota Pansel lain ya, Di Kantor Setneg, Jakarta, Selasa (23/6/2015). Tribunnews.com/Andri Malau 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 194 pendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi lolos seleksi tahap awal. Jumlah total pendaftar sampai batas akhir waktu pendaftaran, Jumat (3/7/2015), mencapai 611 orang.

"Kami putuskan berdasarkan hasil pleno, bahwa para pendaftar yang lolos tahap pertama sebanyak 194 peserta," kata Ketua Pansel KPK, Destry Damayanti, saat memberikan keterangan pers di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Destry menuturkan, Pansel KPK melakukan dua hal dalam seleksi tahap awal. Pertama yakni verifikasi kelengkapan dokumen dan ketepatan kualifikasi serta yang kedua berupa kompetensi pendaftar yang dianggap cocok menjadi pimpinan KPK.

Dari 194 orang yang lolos seleksi tahap awal, 23 di antaranya adalah perempuan dan 171 orang lainnya adalah laki-laki. Para pendaftar mewakili hampir seluruh kota atau provinsi di Indonesia.

"Dari latar belakang profesi, profesi terbanyak adalah advokat atau konsultan hukum," ucap Destry.

Nama-nama pendaftar calon pimpinan KPK yang lolos seleksi tahap awal diumumkan di website Sekretariat Negara.

Masyarakat diberi kesempatan untuk menanggapi nama pendaftar yang lolos seleksi administrasi mulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2015.

BERITA TERKAIT

Setelah itu, para calon pimpinan KPK diwajibkan membuat makalah tentang diri pendaftar dan kompetensi yang dilakukan pada 8 Juli.

Hasil tes pembuatan makalah itu akan diumumkan pada 15 Juli. Pansel akan melakukan asessment kepada para pendaftar pada 27-28 Juli.

Pengumuman daftar pendek calon pimpinan KPK akan disampaikan pada 12 Agustus. Tes kesehatan dilakukan pada 18 Agustus.

Wawancara 24-27 Agustus. Dan laporan akan disampaikan pansel kepada Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015.(Indra Akuntono)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas