Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jimly Asshiddiqie dan Johan Budi Lolos Seleksi Tahap Awal Capim KPK

Dari 194 yang lolos seleksi calon pimpinan KPK, terdapat mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelengga Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie dan Johan Budi SP

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Yulis Sulistyawan
zoom-in Jimly Asshiddiqie dan Johan Budi Lolos Seleksi Tahap Awal Capim KPK
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pansel Capim KPK yang diketuai Destry Damayanti (tengah) mengumumkan nama-nama Calon Pimpinan KPK yang lolos tahap administrasi di Gedung Setneg, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7/2015). Dari 611 pendaftar Capim 194 dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi dari berbagai latar belakang diantaranya mantan Ketua MK Jimly Asshidiqie dan Plt wakil Ketua KPK Johan Budi. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pansel KPK telah mengumumkan 194 orang pendaftar yang lolos seleksi calon pimpinan KPK tahap awal.

Dari 194 nama tersebut ada nama yang tak asing lagi di masyarakat yakni mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelengga Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie dan Plt Pimpinan KPK Johan Budi SP.

Berdasarkan data yang diterima Tribun, dari kalangan politikus ada nama Ahmad Yani yang bernaung di Partai Persatuan Pembangunan. Sementara dari unsur TNI ada nama Mayjen TNI (Purn) Hendardji Supandji.

Dari kalangan Polri pun cukup banyak yang lolos seleksi tahap awal. Mereka adalah Kombes Pol (Purn) Basuki, Irjen Pol (Purn) Rudiard M L Tampubolon, Irjen Pol Syahrul Mamma, Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende, dan Brigjen Pol Basaria Panjaitan.

Ketua Pansel KPK, Destry Damayanti mengatakan, seluruh peserta yang masuk tahap kedua akan menjalani tes kompetensi diri dan profil diri.

"Mereka yang lolos seleksi tahap pertama membuat makalah tulisan deskripsi diri yang ada kisi-kisinya di web pansel," kata Destry saat memberikan keterangan pers di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

BERITA TERKAIT

Dari total 194 peserta yang lolos ke tahap kedua, sebanyak 23 orang adalah perempuan. Sedangkan jenis kelamin pria mendominasi yakni dengan jumlah 171 orang.

Profesi yang mendominasi adalah dari kalangan advokat sebanyak 46 orang, 31 orang dari swasta atau BUMN, 28 orang dosen dan 4 orang dari KPK.
Mayoritas peserta yang lolos punya jenjang pendidikan S2 dengan 46 persen, S3 sebanyak 25 persen dan sisanya tamatan S1.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas