Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puslabfor Polri Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di Bandara Soekarno-Hatta

Para petugas masih berada di dalam JW Lounge terminal 2E tempat kebakaran terjadi.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Puslabfor Polri Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di Bandara Soekarno-Hatta
Tribunnews.com/Willy Widianto
Beberapa penumpang masih terlihat duduk-duduk beristirahat di gate 4 terminal 2 F Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu(5/7/2015). Antrean panjang dan kesemrawutan sempat terjadi di bandara internasional terbesar di Indonesia ini menyusul kebakaran di ruang VIP JW Lounge terminal 2E. Meski kini antrean sudah berangsur normal dan tidak pasat lagi, namun para penumpang masih menunggu pesawat diberangkatkan, meski sudah check in. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Puslabfor Mabes Polri masih mempelajari kebakaran yang terjadi di terminal keberangkatan 2E‎, Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Banten.

Para petugas masih berada di dalam JW Lounge terminal 2E tempat kebakaran terjadi.

Selain itu kurang lebih 10 petugas mengenakan helm kerja kuning, tampak memasuki terminal untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran.

Head of Coorporate Secretary and Legal Angkasa Pura II, Agus Haryadi, menjelaskan pihaknya berusaha bertindak cepat untuk menanggulangi dampak kebakaran yang pertama kali diketahui pada pukul 05.50 WIB tersebut.

"Kami mohon maaf, karena akibat kebarakan telah menyebabkan ‎ketidaknyamanan. Kami berupaya secepat mungkin menormalkannya kembali," katanya, Minggu (5/7/2015).

Kebakaran menyebabkan bau gosong menyengat hingga ke depan terminal, selain itu pintu tiga yang merupakan pintu keberangkatan ditutup. Penumpang sementara dapat melakukan chek in di terminal 2E pintu 1 dan 2 untuk penerbangan internasional, dan pintu 4 khusus untuk domestik.

‎Kebakaran hingga saat ini menyebabkan 30 penerbangan mengalami penundaan keberangkatan hingga lebih dari 30 menit. Agar tidak semerawut pihak Angkasa Pura merubah mekanisme Chek in di Bandara untuk maskapai Garuda.

BERITA TERKAIT

‎Penumpang domestik Garuda Indonesia dipusatkan di terminal 2F sementara penumpang internasional di terminal 2D. Lantaran sistem operasi belum dapat diaktifkan maka Layanan Chek in dilakukan secara manual.

Penerbangan Garuda yang sudah mulai lancar hingga saat ini yakni, dengan tujuan Yogyakarta, Pekanbaru, Batam, Ujung Pandang, Semarang, Palembang, Pontianak.

Kebakaran pertama kali diketahui pada pukul‎ 05.50 WIB. Laporan awal diterima Unit pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran
Atau PKP-PK PT Angkasa Pura II yang sampai dilokasi pada pukul 06.10 WIB. Api dapat dikuasai petugas pada pukul 07.45 WIB untuk kemudian dilakukan pendinginan.

Pantauan Tribunnews, di Bandara 2E sudah tampak normal. Meskipun antrean panjang di pintu 1,2, dan 4 keberangkat masih terjadi. Police line yang dipasang di depan terminal 2E kini sudah di lepas. Para penumpang yang membatalkan atau menjadwal ulang keberangkatan masih tampk memenuhi konter garuda di terminal 2F.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas