Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PGI Imbau Hilangkan Kecurigaan

Jeirry Sumampow menyayangkan kembali muncul teror pascainsiden di Tolikara.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PGI Imbau Hilangkan Kecurigaan
KOMPAS/ANTONY LEE
Bekas kios yang terbakar akibat kerusuhan di Kecamatan Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Senin (20/7/2015). Berbagai pemangku kepentingan di Karubaga menegaskan bahwa kendati konflik diawali penolakan salat id, tetapi konflik disebabkan faktor miskomunikasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Jeirry Sumampow menyayangkan kembali muncul teror pascainsiden di Tolikara.

Di antara peristiwa tersebut yakni ancaman pembakaran Gereja di Bantul dan Yogyakarta.

"Kami sangat prihatin. Apakah ini adalah akibat lanjutan dari peristiwa di Tolikara, memang belum bisa dipastikan. Sebab upaya pembakaran ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi sehingga belum jelas siapa pihak yang melakukan hal ini," kata Jeirry kepada wartawan, Rabu (22/7/2015).

Jeirry menduga, peristiwa Tolikara dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk merusak kerukunan beragama di tanah air. Karena itu, ia meminta semua pihak berhati-hati dan tidak terpancing provokasi. Masyarakat diminta untuk tidak saling curiga satu dengan yang lain.

"Karena itu, PGI mengimbau agar gereja-gereja lebih berhati-hati menjalankan aktivitasnya. Pergaulan dengan masyarakat sekitar harus lebih ditingkatkan untuk perkuat keakraban dan menghilangkan kecurigaan," kata Jeirry.‎

PGI juga meminta agar pemerintah dan aparat keamanan melakukan antisipasi terhadap teror yang dilakukan kepada gereja-gereja, serta rumah ibadah umat agama lainnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas