Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aktivitas Gunung Sinabung Diperkirakan Hingga Lima Tahun ke Depan

Para pengungsi ditempatkan di 10 tempat pengungsian.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Aktivitas Gunung Sinabung Diperkirakan Hingga Lima Tahun ke Depan
TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI
Pengungsi erupsi Gunung Sinabung melaksanakan salat idul fitri di lapangan Desa Ndokum Siroga, Karo, Sumut, Jumat (17/7/2015). Para pengungsi berharap bencana alam erupsi gunung api Sinabung bisa secepatnya berhenti dan status gunung api Sinabung kembali normal. TRIBUN MEDAN/DEY SINUHAJI 

TRIBUNNEWSCOM, JAKARTA - Gunung Sinabung berstatus awas level 4, status paling tinggi untuk Gunung Merapi. Sejak September 2013 Gunung Sinabung masih meletus. Bahkan pada dua hari terakhir, yaitu Minggu hingga Senin (27/7/2015), letusan Gunung itu disertai dengan awan panas ke arah timur, tenggara, dan selatan.

"Sejak tadi pagi hingga sore hari sudah terjadi tiga letusan yang jaraknya 1 hingga 30 meter, tingginya 1 kilometer. Direkomendasikan 6 kilometer di sisi timur dari Gunung Sinabung, areanya harus clear. Sedangkan 7 kilometer di sisi tenggara," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta Timur, Selasa (28/7/2015).

Dampak dari status awas level 4 Gunung Sinabung, hingga saat ini terdapat 10 ribu pengungsi atau berkisar 3.030 kartu keluarga. Para pengungsi ditempatkan di 10 tempat pengungsian.

"Sampai kapan kita tidak tahu, semua tergantung dari aktivitas Gunung Sinabung. Menurut ahli Gunung dari Indonesia, Amerika Serikat, dan Inggris, diperkirakan aktivitas Gunung Sinabung bisa sampai lima tahun ke depan," ujar Sutopo.

Saat ini BNPB fokus untuk merelokasi tiga desa yang terdapat 370 kartu keluarga. Rencananya relokasi itu akan selesai pada akhir 2015.

"Diperlukan sekitar Rp 5 triliun hingga Rp 7 triliun, untuk penanganan relokasi, infrastruktur pemukiman, dan ekonomi produktif. Sampai saat ini, kebutuhan dasar dan logistik tercukupi," ujar Sutopo.

Pengungsi Gunung Sinabung

BERITA TERKAIT

Para pengungsi Gunung Sinabung masih kesulitan dalam hal mata pencaharian. Karena kebanyakan dari mereka adalah para petani.

Dari sekitar 3030 kartu keluarga yang mengungsi, meski berbahaya para petani itu kembali ke rumahnya untuk melakukan aktivitas

Sedangkan para anak pengungsi yang sekolahnya tersendat, mereka dititipkan di sekolah-sekolah terdekat.

Disediakan truk-truk antar jemput untuk mereka tumpangi. "Kami meminta Kemendikbud agar aktif menangani anak-anak di pengungsian," tutup Sutopo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas