Tribun

DPR Minta Pemerintah Perkuat Pertahanan di Maluku

pemerintah harus memberikan perhatian khusus pada bidang pertahanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Sanusi
DPR Minta Pemerintah Perkuat Pertahanan di Maluku
net
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Gerindra, Andika Pandu Puragabaya, mengatakan pemerintah harus memberikan perhatian khusus pada bidang pertahanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Perhatian khusus tersebut seperti pemasangan penangkis serangan udara.

Menurut Andika, penempatan jet-jet tempur juga dirasakan sangat dibutuhkan mengingat wilayah Maluku dan Maluku utara secara geostrategis dan geopolitik sangat rawan.

"Kondisi di Maluku dan Maluku Utara yang secara geografis merupakan wilayah kepulauan dan wilayahnya langsung berhadapan dengan laut lepas dan sangat berbahaya akan terjadinya kegiatan yang dikhawatirkan akan mengganggu keamanan dan ketahanan NKRI," kata Andika di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Lebih lanjut Andika melihat perlu segera dibangun satuan radar di dua wilayah tersebut mengingat wilayah tersebut masuk dalam alur laut kepulauan Indonesia (ALKI).

"Selain perlu sarana dan prasarana, kesejahteraan para prajurit yang bertugas di wilayah tersebut juga perlu perhatian khusus seperti masih belum adanya tunjangan uang saku," kata Andika.

Dirinya mengatakan, kesejahteraan prajurit baik AD dan AL yang bertugas di wilayah tersebut masih sangat minim seperti masalah transportasi. Untuk itu, Andika mengusulkan perlu adanya kapal kapal cepat untuk mendukung tugas para personel TNI yang bertugas di wilayah tersebut.

"Wilayah Maluku dan Maluku Utara yang mayoritas merupakan wilayah kepulauan harus tetap dijaga keamanan dan ketahanannya serta tidak luput dari perhatian pemerintah," katanya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas