Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Petugas Haji Peringati HUT RI Sebelum Berangkat ke Arab Saudi

Mengenakan seragam PPIH putih hitam, dengan khidmat orang-orang yang akan meninggalkan tanah air tersebut mengikuti upacara

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Petugas Haji Peringati HUT RI Sebelum Berangkat ke Arab Saudi
Tribunnews.com/Adi Suhendi
Petugas haji sedang melaksanakan upacara bendera sebelum berangkat ke Tanah Suci 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Matahari baru menampakkan sinarnya, 319 Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pun terlihat sudah bersiap dengan berbaris rapih di depan Gedung Utama Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (17/8/2015).

Mengenakan seragam PPIH putih hitam, dengan khidmat orang-orang yang akan meninggalkan tanah air tersebut mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 70 sekaligus upacara pelepasan petugas. Petugas PPIH untuk Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Jedah (bandara) akan bertugas selama 72 hari melindungi, membimbing, dan melayani jamaah haji Indonesia di Arab Saudi.

"Merdeka... Merdeka... Merdeka...," seru Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Abdul Djamil memulai sambutannya kemudian disambut teriakan kata yang sama para petugas PPIH yang hadir.

Dikatakannya, peringatan HUT RI ke 70 yang berbarengan dengan pelepasan petugas PPIH tersebut merupakan sebuah momen penting dalam memaknai nila-nilai kemerdekaan. Bangsa Indonesia yang ada saat ini rata-rata tidak ikut berjuang merebut kemerdekaan seperti zaman dahulu, berperang mempertaruhkan hidup dan mati. Tetapi warga negara Indonesia saat ini harus berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan.

"Saat ini kita harus menghadapi masalah-masalah baru yang semakin rumit, seperti globalisasi. Kita harus mampu menunjukan dalam kancah pergaulan dunia sebagai bangsa yang besar," katanya.

Dikatakannya persatuan dan kesatuan sebagai modal utama bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan ke depan. Perbedaan adat, letak geografis yang terdiri dari ribuan pulau, menurut Abdul Djamil hal tersebut menjadikan Indonesia rawan dipecah belah. "Tapi hingga kini kita masih utuh dalam berbangsa satan dan berbahasa satu. Ini bukan mudah," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Dalam upacara tersebut, pelepasan para petugas PPIH pun ditandai dengan penyerahan bendera merah putih dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah kepada petugas PPIH. Tampak Abdul Djamil setelah menyerahkan bendera tersebut mencium ujung bendera.

"Petugas PPIH merupakan bagian dari upaya untuk melindungi, membimbing, melayani warga negara," kata dia.

Caption : Petugas PPIH Arab Saudi melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 70 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Senin (70/8/2015).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas