Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Megawati Tak Minta Pembubaran KPK Saat Ini

Maksud Megawati bahwa KPK sebagai lembaga ad hoc dapat dibubarkan sepanjang Kejaksaan Agung dan Kepolisian sudah optimal memberantas korupsi.

Megawati Tak Minta Pembubaran KPK Saat Ini
Ist
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menjadi pembicara kunci di Seminar Konstitusi “Mengkaji Wewenang MPR dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia” yang di gelar di Gedung MPR, Selasa (18/8/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, angkat bicara mengenai pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, terkait KPK perlu dibubarkan jika tidak ada lagi kasus korupsi.

"Bukan minta dibubarkan sekarang, artinya setelah Kejagung dan Kepolisan sudah optimal dan sekaligus penguatan sistem tadi, rentang waktu berapa lama, itu yang ditekankan oleh Ibu Mega," kata Masinton di DPR, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

KPK merupakan lembaga yang bersifat ad hoc atau sementara. Ia menyebut lembaga ad hoc harus dipastikan masa waktu tugasnya. Jika sistem sudah berjalan baik maka lembaga ad hoc dapat dihentikan.

"Kita mau mempertahankan lembaga KPK itu berapa lama? Harus ada rentang waktunya. Pembenahan sistem pencegahan korupsi kita juga harus dibangun, diperkuat pencegahannya dan kerja penindakan harus dilaksanakan. Tapi dia harus bersinergi dengan lembaga penegak hukum lainya tidak boleh sendirian," imbuh Masinton.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan masa waktu tugas KPK sebagai lembaga ad hoc harus diperjelas. Contohnya ketika pemberantasan korupsi di kepolisian dan kejaksaan berjalan optimal.

"Menurut kita apa yg disampaikan oleh Bu Mega merupakan sebuah refleksi dan evaluasi terhadap banyaknya kehadiran lembaga-lembaga ad hoc yang dibentuk oleh negara," tutur dia.

Megawati mengingatkan KPK adalah lembaga yang bersifat ad hoc atau sementara. Menurut dia, KPK dapat dibubarkan bila korupsi sudah tidak terjadi lagi di Indonesia.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Y Gustaman
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas